Rakornas Forkopimda Dibuka Jokowi, Mendagri Jabarkan tentang Penguatan Daerah

Rabu, 18 Januari 2023 - 22:06 WIB
loading...
Rakornas Forkopimda Dibuka Jokowi, Mendagri Jabarkan tentang Penguatan Daerah
Rakornas Kepala Daerah dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) resmi dibuka Presiden Joko Widodo (Jokowi). Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepala Daerah dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) resmi dibuka Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dalam Rakornas Forkopimda Tahun 2023 yang digelar Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) ini, dihadiri 38 Gubernur.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian memberikan laporan langsung kepada Presiden Jokowi tentang upaya pengendalian inflasi daerah. Kata Mendagri, Kemendagri bersama kementerian/lembaga terkait telah melakukan langkah-langkah strategis.

Dalam Rakornas kali ini, Kemendagri menyuguhkan empat diskusi panel dengan narasumber dari jajaran menteri, lembaga, hingga kepala daerah.

"Melalui momentum yang baik ini, diharapkan keempat panel dapat memberikan masukan dan arahan tentang langkah-langkah aplikatif yang harus dikerjakan oleh daerah," ujar Mendagri, dalam keterangannya, Rabu (18/1/2023).

Berbagai isu penting menjadi pembahasan dalam diskusi tersebut, di antaranya soal Pertumbuhan Ekonomi dan Pengendalian Inflasi; Penguatan Investasi, Hilirisasi, dan Kemudahan Perizinan Berusaha.

"Penanganan Covid-19, stunting, kemiskinan, dan jaring pengaman sosial; serta stabilitas politik, hukum, keamanan, dan pengawasan," ucap Mendagri dalam Rakornas Forkopimda Tahun 2023 bertajuk Penguatan Pertumbuhan Ekonomi dan Pengendalian Inflasi ini.

Sebagai informasi, jumlah peserta Rakornas Kepala Daerah dan Forkopimda Tahun 2023 sebanyak 4.545 orang yang terdiri dari instansi pusat sebanyak 239 orang dan dari daerah sebanyak 3.257 orang.

Peserta dari instansi pusat terdiri dari 45 pimpinan kementerian/lembaga (K/L), 34 Sekjen dan Sekretaris Utama K/L terkait, 25 Eselon I K/L, 27 Pejabat Eselon I Kemendagri dan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP), 97 Pejabat Eselon II Kemendagri, 3 Pimpinan Satker setingkat Eselon III Kemendagri, serta 8 Kepala Pos Lintas Batas Negara BNPP.

Kemudian peserta dari Pemda terdiri dari 38 gubernur dan penjabat (Pj.) gubernur, 1 Wali Nanggroe Aceh Darussalam, 1 Ketua MRP, 1 Ketua MRPB, 34 DPRD provinsi, 514 bupati/wali kota dan Pj. bupati/wali kota, 508 DPRD kabupaten/kota.

Selanjutnya dihadiri juga ada 128 unsur TNI, 34 Kapolda, 33 Kajati, 34 KaBINDA, 29 Kepala Perwakilan BI di Provinsi, 514 unsur Polri tingkat kabupaten/kota, 344 Dandim, 438 Kajari, 58 Danlanal, 34 Kepala BPKP Daerah, dan 514 Kepala BPS provinsi dan kabupaten/kota.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1503 seconds (0.1#10.140)