Kompolnas Nilai Kasus Novel Tak Terkait Konflik KPK-Polri

Sabtu, 02 Mei 2015 - 10:52 WIB
Kompolnas Nilai Kasus Novel Tak Terkait Konflik KPK-Polri
Kompolnas Nilai Kasus Novel Tak Terkait Konflik KPK-Polri
A A A
JAKARTA - Penahanan yang dilakukan Badan Reserse dan Kriminal (Bareskrim) Mabes Polri terhadap penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan dinilai tak ada kaitannya dengan konflik antara KPK dengan Polri yang pernah terjadi sebelumnya.

Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) menilai kasus Novel Baswedan murni penegakkan hukum.

"Saya menolak kasus Novel ini dikaitkan dengan konteks KPK. Karena penahanan Novel ini enggak ada kaitannya dengan KPK, publik saja yang kait-kaitkan dengan KPK," ujar Komisioner Kompolnas, Adrianus Meliala dalam Diskusi Polemik SINDO Trijaya Network bertajuk Telenovela KPK Polri di Warung Daun, Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (2/5/2015).

Kendati demikian, Adrianus tak menampik upaya penjemputan paksa yang dilakukan Polri terhadap Novel pada tahun 2012, terkait dengan konflik KPK dengan Polri. Karena saat itu KPK menahan Mantan Kakorlantas Polri, Irjen Djoko Susilo.

Sebab, pada konflik KPK dengan Polri tahun 2012, Kompolnas melakukan investigasi, yang hasilnya bahwa proses hukum yang dilakukan Polri terhadap Novel saat itu sengaja dipercepat.

"Tahun ini dinaikkan lagi, menurut saya proses hukum terhadap Novel tahun ini sudah struktur, ada pemanggilan, bukan konteks KPK Polri kemarin, murni hukum," tuturnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5365 seconds (0.1#10.140)