Wasekjen Golkar: Proporsional Tertutup Kemunduran Demokrasi

Jum'at, 13 Januari 2023 - 17:21 WIB
loading...
Wasekjen Golkar: Proporsional Tertutup Kemunduran Demokrasi
Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Partai Golkar Derek Loupatty menegaskan partainya menolak sistem pemilu proporsional tertutup. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Partai Golkar Derek Loupatty menegaskan partainya menolak sistem pemilu proporsional tertutup. Sebab, hal tersebut dapat menyebabkan kemunduran demokrasi.

Untuk itu, pihaknya menjadi inisiator delapan partai di parlemen ke Mahkamah Konstitusi (MK) untuk menjadi pihak terkait yang menolak sistem proporsional tertutup. "Demokrasi negara maju itu demokrasi terbuka," kata Derek di Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Jumat (13/1/2022).

"Mari kita memajukan demokrasi bukan memundurkan demokrasi hanya karena kepentingan, satu dua kelompok tapi negara berdemokrasi adalah negara yang memberikan ruang bagi rakyat berkompetisi," sambungnya.



Menurut Derek, sistem proporsional terbuka merupakan harapan bagi generasi muda. Ia pun berharap agar proporsional tertutup tidak kembali lagi.

"Kalau sistem ini kembali, kami sebagai generasi muda terutama akan menjadi antrean panjang. Untuk itu sistem terbuka bagi kami adalah harapan, bukan saja bagi kami, kami yakin (bagi) seluruh teman-teman kami yang selama ini sudah berproses," katanya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1853 seconds (0.1#10.140)