CHO dan Tugas Menjaga Kebahagiaan Karyawan di Era Gig Economy

Jum'at, 13 Januari 2023 - 10:39 WIB
loading...
A A A
Lima tahun berturut-turut juaranya dipegang Finlandia, sebuah negara yang dalam sistem pendidikannya meminimalkan istilah ‘PR’ alias pekerjaan rumah bagi siswa. Di bawah Finlandia, posisi utama untuk World Happiness In The World ditempati Denmark, Islandia, Swiss, Belanda, Luksemburg, Swedia, Norwegia, Israel, dan Selandia Baru.

Untuk urusan daerah dengan Indeks Kebahagiaan tertinggi di Indonesia, sepuluh besarnya tidak berada di Pulau Jawa. Bisa jadi karena kondisi di Jawa terhitung bising, hectic, dan begitu penuh tuntutan.

Menurut Badan Pusat Statistik, Indeks Kebahagiaan di Indonesia diukur menggunakan tiga dimensi, yakni kepuasan hidup (life satisfaction), perasaan (affect), dan makna hidup (eudamonia). Alhasil, provinsi yang memiliki indeks paling bahagia di Indonesia adalah provinsi Maluku Utara dengan perolehan skor 76,34.

Selanjutnya disusul tipis Kalimantan Utara (76,33) dan Maluku (76,28). Di 10 besar, daerah lain di bawahnya yakni Jambi, Sulawesi Utara, Kepulauan Riau, Gorontalo, Papua Barat, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Tenggara.

Jadi, mari kita tingkatkan kebahagiaan di tempat kerja, kota, dan negara tempat kita berada. Maka, produktivitas dan kesejahteraan akan mengikuti. Termasuk di era gig economy saat begitu orang dengan mudah berpindah-pindah tempatnya berkarya.
(poe)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0998 seconds (0.1#10.140)