Majelis Hakim Agendakan Sidang Tuntutan Ricky Rizal Pekan Depan

Senin, 09 Januari 2023 - 13:44 WIB
loading...
Majelis Hakim Agendakan Sidang Tuntutan Ricky Rizal Pekan Depan
Ketua Majelis Hakim Wahyu Iman Santoso memerintahkan jaksa untuk membacakan tuntutan terhadap Ricky Rizal pada sidang pekan depan. Foto/Ari Sandita
A A A
JAKARTA - Majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan menunda sidang terdakwa pembunuhan berencana Brigadir J, Ricky Rizal Wibowo . Pekan depan, sidang akan dilanjutkan dengan agenda pembacaan tuntutan. Karena itu, hakim meminta jaksa penuntut umum sudah siap dengan materi tuntutan.

"Selanjutnya JPU tiba saatnya untuk melakukan tuntutan. Kami jadwalkan satu minggu dari hari ini," terang Ketua Majelis Hakim Wahyu Iman Santoso setelah mengakhiri pemeriksaan Ricky Rizal sebagai terdakwa dalam persidangan hari ini, Senin (9/1/2023).



Merespons itu, JPU memohon kepada majelis hakim agar dapat mengundurkan waktu sidang tuntutan. Pasalnya, tim JPU harus menangani empat terdalwa lainnya. "Kami mohon waktu, karena ini nanti penuntut umum untuk melihat karena banyak sekali dan kita satu tim dengan lima terdakwa. Oleh karena itu kami mohon waktu paling tidak dua minggu," tutur JPU.

Namun majelis hakim pun tak bisa mengabulkan permohonam tersebut. Pasalnya, dua minggu merupakan waktu yang panjang. "Tidak bisa, kami dibatasi waktu. Jadi satu minggu waktunya," terang Hakim Wahyu.



Dalam perkara itu, Ricky Rizal dan Kuat Ma'ruf telah didakwa melakukan pembunuhan berencana terhadap Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J. Kedunya, didakwa melakukan pembunuhan berencana bersama Richard Eliezer alias Bharada E, Ferdy Sambo, dan Putri Candrawathi.

Mereka didakwa membunuh Brigadir J rumah dinas Ferdy Sambo, Kompleks Polri Duren Tiga, Jakarta Selatan, pada 8 Juli 2022.

"Mereka yang melakukan, yang menyuruh melakukan, dan turut serta melakukan perbuatan, dengan sengaja dan dengan rencana terlebih dahulu merampas nyawa orang lain," ujar jaksa penuntut umum saat membacakan surat dakwaan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (18/10/2022).
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1356 seconds (0.1#10.140)