Bharada E Tegaskan Keterangannya Tak Berubah saat Jadi Terdakwa atau Saksi

Kamis, 05 Januari 2023 - 11:44 WIB
loading...
Bharada E Tegaskan Keterangannya Tak Berubah saat Jadi Terdakwa atau Saksi
Terdakwa dugaan kasus pembunuhan Brigadir J, Bharada E menegaskan, bahwa keterangannya saat diperiksa di persidangan pada terdakwa lainnya tak berubah. Foto/Ari Sandita/MPI
A A A
JAKARTA - Terdakwa dugaan kasus pembunuhan Brigadir J, Bharada E atau Richard Eliezer menegaskan, keterangannya dia saat diperiksa di persidangan dugaan kasus pembunuhan Brigadir J pada terdakwa lainnya tak berubah atau tetap menjadi bagian dari keterangannya saat ini kala diperiksa sebagai terdakwa

"Dalam beberapa persidangan sebelumnya, baik di perkara Ricky Rizal, Kuat Ma'ruf, maupun Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi, saudara sudah memberikan keterangan. Apakah keterangan-keterangan pada saat sebagai saksi tetap menjadi bagian yang tak terpisahkan dari keterangan saudara sebagai terdakwa saat ini?" tanya Ketua majelis hakim, Wahyu Iman Santoso di persidangan, Kamis (5/1/2023).

"Benar Yang Mulia," jawab Bharada E.

Bharada E menegaskan, tak ada keterangan dia yang hendak ditambahkan ataupun dicabut sebagaimana saat dia memberikan keterangan sebagai saksi untuk terdakwa lainnya. Hakim lantas menyebutkan, pihaknya bakal menanyakan hal-hal yang menjadi poin karena keterangan Bharada E sebagai saksi menjadi bagian dari keterangannya saat ini sebagai terdakwa.

Baca juga: Unsur Meringankan Bharada E Versi Romo Magnis Suseno

Hakim lantas menanyakan peristiwa pada tanggal 7 Juli di Magelang, pasca dia menerima telpon dari Putri Candrawathi untuk segera ke rumah Magelang. Bharada E menjelaskan, dia yang saat itu tengah berada di luar rumah Magelang bersama Ricky Rizal lantas langsung kembali ke rumah Magelang.

Hakim lantas menanyai Bharada E, apakah dia melihat Kuat Ma'ruf di rumah Magelang membawa pisau kala itu. Pasalnya, berdasarkan keterangan penyidik bernama Putut, Bharada E mengaku melihat Kuat Ma'ruf membawa pisau, hanya saja Bharada E menjawab dia tak melihat pisau sebagaimana disebutkan tersebut.

"Saat saduara kesana saudara menemui Kuat sedang menbawa pisau? Kuat di mana?" tanya hakim.

"Tidak Yang Mulia, saya pas sampai di rumah tak melihat pisau. (Kuat) Sudah di lantai 2 YM" jawab Bharada E.

"Saudara Putut dalam keterangannya tadi menyampaikan, saudara melihat saudara Kuat pegang pisau, makanya saya konfirmasi?" tanya hakim.

"Tidak Yang Mulia," kata Bharada E.

Bharada E menambahkan, saat sampai di rumah Magelang, dia bersama Ricky masuk ke dalam rumah, disitu dia melihat Kuat Ma'ruf dan Susi berada di dekat pintu. Dia lantas mengecek kondisi Putri lantaran dia ditelpon oleh Putri, dia menengok ke dalam kamar Putri dan melihat Putri tengah berbaring di kamarnya.

Akhirnya, dia pun mengajak Kuat keluar dan mencoba menenangkannya sambil bertanya pada Kuat ada peristiwa apa yang terjadi. Namun, Kuat tak memberitahu peristiwa yang terjadi padanya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2747 seconds (0.1#10.140)