Menko PMK: Puncak Arus Balik Libur Nataru 2-3 Januari 2023

Senin, 02 Januari 2023 - 00:16 WIB
loading...
Menko PMK: Puncak Arus Balik Libur Nataru 2-3 Januari 2023
Puncak arus balik libur Nataru terjadi mulai Senin 2 Januari 2023. Foto/Ilustrasi
A A A
BANTEN - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendi menyebutkan puncak arus balik libur Natal dan Tahun Baru diprediksi akan terjadi pada 2-3 Januari 2023.

Hal tersebut disampaikan Muhadjir Effendy saat meninjau Pelabuhan Merak, Cilegon Banten, Minggu (1/1/2023).

”Perayaan Puncak Tahun Baru 2023 baru saja usai, tentunya setelah perayaan tersebut banyak masyarakat yang akan kembali melanjutkan aktivitasnya sehari-hari. Sehingga nantinya menyebabkan terjadinya arus balik mudik Tahun Baru 2023 ini,” kata Muhadjir.

Menko Muhadjir melakukan peninjauan ke pelabuhan tersebut untuk memastikan angkutan peyeberangan laut saat arus mudik dan arus balik berjalan dengan baik dari segi keamanan maupun pelayanan.

”Saya kira ini memang belum ada tanda akan terjadi kenaikan lalu lintas arus balik atau arus mudik, tapi diperkirakan besok atau lusa akan terjadi kenaikan,” ujarnya.

Meskipun terdapat insiden dua kecelakaan kendaraan yang terjatuh ke laut di Pelabuhan Merak selama periode Nataru, Menurut Menko Muhadjir peristiwa tersebut tidak mengganggu arus kendaraan yang akan ke Jawa maupun Sumatera.

Ia menyebut angkutan libur Nataru di Pelabuhan Merak saat ini sebagai ajang untuk persiapan menghadapi arus mudik Lebaran tahun 2023. Kekurangan yang terjadi pada arus mudik tahun lalu dapat diperbaiki, baik dari segi pelayanan maupun infrastruktur.

Adapun rencana perbaikan yang disampaikan PT ASDP dan Pemerintah Provinsi Banten yakni melakukan pendalaman dermaga eksekutif, menambah area parkir di dermaga, dan memperbaiki serta menambah rest area baik di tol maupun di luar pelabuhan.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2200 seconds (0.1#10.140)