Didukung Mensos, Mantu Wapres Siap Pimpin Karang Taruna Nasional

Sabtu, 11 Juli 2020 - 21:01 WIB
loading...
Didukung Mensos, Mantu Wapres Siap Pimpin Karang Taruna Nasional
Anggota DPR RI Muhammad Rapsel Ali bersama Menteri Sosial (Mensos), Juliari Batubara. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Pemilihan Ketua Umum Karang Taruna Nasional akan berlangsung dalam waktu dekat. Sejumlah nama pun sudah bermunculan sebagai calon nakhoda, salah satunya Muhammad Rapsel Ali. Anggota DPR RI tersebut dianggap salah satu figur yang tepat untuk memimpin organisasi kepemudaan itu.

Rapsel memang dikenal aktif di berbagai organisasi. Selain Karang Taruna, politikus Partai Nasional Demokrat (Nasdem) tersebut akan mengemban tugas baru sebagai manajer tim Indonesia yang akan turun di ajang MotoGP. (Baca juga: Awas! Perubahan RUU HIP Jadi RUU PIP Berpotensi 'Jebakan Batman')

Keputusan Rapsel untuk maju dalam bursa ketua Karang Taruna setelah berkoordinasi dengan Menteri Sosial (Mensos), Juliari Batubara. Sebagai kementerian yang menaungi Karang Taruna, Juliari menilai, organisasi kepemudaan tersebut butuh sosok pekerja keras yang bisa menjadi penghubung dengan berbagai sektor khususnya di pemerintahan.

"Rapsel sosok yang tepat. Kita akan mengawal pemilihan ketua secara fair dan terbuka," kata Juliari, Sabtu (11/7/2020). (Baca juga: Bamusi Anggap Polemik RUU HIP Membawa Berkah bagi Pancasila)

Dukungan untuk Rapsel juga datang dari Ketua Karang Taruna Sulawesi Selatan (Sulsel), Farouk Mappaseling Betta. Menurut dia, Karang Taruna sebagai wadah pengembangan generasi muda membutuhkan sosok seperti Rapsel. Menantu Wakil Presiden Ma'ruf Amin itu menurutnya, punya banyak pengalaman dalam memimpin organisasi.

"Saya kenal beliau, dan saya tahu karakter Pak Rapsel dalam memimpin organisasi. Saya yakin Karang Taruna butuh figur seperti Rapsel," kata pria kelahiran Makassar, 20 September 1970 tersebut.

Bicara organisasi dan kepemimpinan, Rapsel memang kenyang pengalaman. Dia merupakan mantan Ketua Gabungan Perusahaan Konstruksi Nasional Indonesia (Gapeksindo) Provinsi Sulsel dan juga ketua Asosiasi Perdagangan Barang, Distributor, Keagenan, dan Industri Indonesia (Ardin) Provinsi Sulsel, dan pendiri Asosiasi Pemerintah Daerah Pesisir dan Kepulauan (Aspeksindo).

Ia juga banyak terlibat dalam organisasi kemasyarakatan, termasuk bergabung dengan Perkumpulan Pemilik Senjata Beladiri Indonesia (Perlisindo) dan sejak 2019 hingga sekarang menjabat sebagai Ketua Umum. Rapsel juga menjadi Pembina Komunitas Harley Davidson Club Indonesia (HDCI) Wilayah Jakarta Barat dan menjabat Ketua Bidang Humas HDCI Pusat sejak 2009.

Namun, Farouk menegaskan, kapabilitas dan pengalaman memimpin organisasi bukan penentu utama keterpilihan seseorang. Menurut mantan Ketua DPRD Makassar tersebut, ada pemilik suara yang harus diyakinkan. "Pada saatnya nanti, semua berpulang kepada floor," jelas Farouk.

Nama Rapsel sebagai calon ketua umum muncul seiring kabar Karang Taruna akan menggelar Lokakarya dan Temu Kader Nasional pada 20 Juli mendatang. Informasi yang berkembang, kegiatan ini juga akan mengagendakan pemilihan Ketua Umum Karang Taruna Nasional.

Posisi Ketua Karang Taruna yang berdiri pada 26 September 1960 itu saat ini dijabat Didik Mukrianto. Politikus Partai Demokrat itu memimpin Karang Taruna untuk periode 2015-2020. Sama seperti Rapsel, Didik juga tercatat sebagai anggota DPR RI.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1521 seconds (0.1#10.140)