Kaleidoskop Hankam 2022, Indo Defence, 2 Pesawat Jatuh hingga Pergantian Panglima TNI

Senin, 26 Desember 2022 - 15:30 WIB
loading...
A A A
Ketika itu, pesawat yang diawaki pilot Lettu Pnb Allan Safitra Indra Wahyudi tengah menjalani latihan terbang malam atau tactical night intercept. Pesawat lepas landas dari Lanud Iswahjudi, Magetan, Jawa Timur pada pukul 18.24 WIB. Satu jam kemudian sekitar pukul 19.25 pesawat dinyatakan hilang kontak.

Kaleidoskop Hankam 2022, Indo Defence, 2 Pesawat Jatuh hingga Pergantian Panglima TNI

Pesawat tempur latih jenis Golden Eagle T-501 milik TNI AU. Foto/SINDOnews

Setelah dilakukan pencarian oleh petugas, serpihan pesawat akhirnya ditemukan di Desa Nginggil, Kradenan, Blora, Jawa Tengah. Dalam insiden tersebut Lettu Pnb Allan Safitra Indra Wahyudi yang mengawaki pesawat tersebut gugur.

Jatuhnya pesawat tempur T-50i ini memunculkan tanda tanya besar, mengingat pesawat buatan Korea Selatan (Korsel) tersebut masih terbilang baru. Sebab pesawat buatan Korea Aerospace Industry (KAI) baru dibeli pada 2013.

4. Kecelakaan Pesawat G-36 Bonanza TNI AL

Di tahun yang sama, kecelakaan pesawat juga menimpa pesawat latih G-36 Bonanza milik TNI AL pada Jumat, 7 September 2022. Pesawat yang dioperpasikan Pusat Penerbangan Angkatan Laut (Puspenerbal) ini jatuh Alur Pelayaran Barat Surabaya (APBS).

Insiden tersebut berawal ketika pesawat lepas landas dari Bandara Juanda, Surabaya pada pukul 08.45 WIB. Baru 10 menit mengudara, pesawat hilang kontak dengan posisi terakhir berada di perairan Selat Madura dekat Gresik.

Kaleidoskop Hankam 2022, Indo Defence, 2 Pesawat Jatuh hingga Pergantian Panglima TNI


TNI AL mengerahkan 7 Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) serta menerjunkan 3 tim penyelam dan 2 tim dari Komando Pasukan Katak (Kopaska) untuk membantu proses evakuasi pesawat yang ditemukan di kedalaman 15 meter. Dalam insiden tersebut, Indonesia kembali kehilangan prajurit-prajurit terbaiknya. Pilot Lettu Laut (P) Judistira Eka Permady dan co pilot Letda Laut (P) Dendy Kresna Bhakti gugur dalam kecelakaan tersebut.

5. Pangkat Letkol Tituler Deddy Corbuzier
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1709 seconds (0.1#10.140)