Kaleidoskop Hankam 2022, Indo Defence, 2 Pesawat Jatuh hingga Pergantian Panglima TNI

Senin, 26 Desember 2022 - 15:30 WIB
loading...
A A A
Garuda Shield adalah latihan bersama dan gabungan tahunan antara Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Komando Indo-Pasifik AS. Latihan militer Garuda Shield dirancang untuk memperkuat interoperabilitas, kemampuan, rasa saling percaya, dan kerja sama yang telah dibangun dari pengalaman bersama selama beberapa dekade.

Acara yang dibukan oleh Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa ini menorehkan tinta emas lantaran dinilai berhasil melakukan diplomasi pertahanan. Sehingga mereka menganggap Indonesia sebagai mitra strategis dalam menjaga stabilitas kawasan.

2. Pameran Alutsista Indo Defence 2022

Kementerian Pertahanan (Kemhan) kembali menggelar pameran industri pertahanan atau Indo Defence 2022 Expo & Forum. Acara yang digelar selama empat hari mulai 2-5 November ini diselenggarakan di tiga lokasi yakni, JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, kemudian Pangkalan TNI AL Pondok Dayung, Jakarta Utara, dan Lanud Halim Perdanakusuma TNI AU Jakarta Timur.

Penyelenggaraan Indo Defence yang diikuti oleh 905 industri pertahanan dalam dan luar negeri dari 59 negara ini merupakan yang terbesar di Asia Tenggara. Berbagai produk alutsista mulai dari senjata serbu, pesawat tempur, radar, kendaraan taktis (rantis), tank, kapal perang, kapal selam peluru kendali (rudal), drone kamikaze ditampilkan dalam pameran tersebut.

Kaleidoskop Hankam 2022, Indo Defence, 2 Pesawat Jatuh hingga Pergantian Panglima TNI

Kemhan menggelar Indo Defence 2022. Foto/SINDOnews

Pameran industri pertahanan ini merupakan yang ke-9 diselenggarakan Kemhan sejak diadakan pada 2004. Selama pagelaran tercatat lebih dari 35.000 pengunjung mendatangi pameran tersebut. Tidak hanya itu, pameran ini juga membukukan penandatanganan kontrak kerja sama senilai lebih dari Rp26 triliun.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto yang membuka pameran tersebut berharap, pameran teknologi pertahanan ini dapat menjadi ajang promosi industri pertahanan dalam negeri.

3. Pesawat Tempur Golden Eagle T-50i TNI AU Jatuh

Selama kurun waktu 2022, tercatat terjadi dua kecelakaan pesawat milik TNI yang menelan korban jiwa. Pertama, jatuhnya pesawat tempur latih milik TNI AU jenis Golden Eagle T-501 jatuh di Blora, Jawa Tengah pada 18 Juli 2022.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2140 seconds (0.1#10.140)