Jokowi Sebut Jakarta Akan Selalu Banjir Jika 3 Hal Ini Tidak Diselesaikan

Jum'at, 23 Desember 2022 - 10:33 WIB
loading...
Jokowi Sebut Jakarta Akan Selalu Banjir Jika 3 Hal Ini Tidak Diselesaikan
Presiden Jokowi saat meresmikan Bendungan Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (23/12/2022). FOTO/TANGKAPAN LAYAR
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) mengatakan DKI Jakarta akan selalu banjir jika gubernurnya tidak menyelesaikan tiga hal. Ketiganya adalah normalisasi sungai, manajemen pemompaan waduk, dan membangun tanggul laut.

Hal itu disampaikan Jokowi saat meresmikan Bendungan Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (23/12/2022). Awalnya Jokowi mengungkapkan tiga permasalahan DKI Jakarta yang terjadi sejak dahulu hingga saat ini.

"Problem besar DKI sejak dulu adalah tiga hal, banjir, macet, dan tata ruang. Sekarang kita di sini akan berbicara mengenai urusan banjir," kata Jokowi dalam keterangannya yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (23/12/2022).



Menurut Jokowi, siapa pun gubernurnya, DKI Jakarta akan selalu banjir bila tidak menyelesaikan tiga persoalan. "Banjir di Jakarta itu siapa pun gubernurnya harus konsisten menyelesaikan normalisasi 13 sungai yang ada di Jakarta. Kemudian manajemen pemompaan yang ada di waduk-waduk di Jakarta, yang ketiga tanggul laut ataupun juga yang lebih gede lagi, giant sea wall. Ini harus diselesaikan," kata Jokowi.

"Kalau tiga hal ini tidak selesai sampai kapan pun Jakarta akan selalu banjir," ujarnya.

Karena itu, Jokowi sangat berharap gubernur DKI harus menyelesaikan tiga hal tersebut. "Karena sebetulnya masterplan sudah jelas di Bappeda DKI ada, di Kementerian PU juga ada dan juga sodetan Ciliwung menuju ke BKT itu juga harus segera diselesaikan," kata Jokowi.

Baca juga: DKI Bangun Waduk di Marunda, Pj Gubernur: Untuk Pengendalian Banjir Cilincing
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2671 seconds (0.1#10.140)