Mutasi TNI, Perwira Kopassus Lulusan Terbaik Seskoad Digeser ke Akmil

Minggu, 18 Desember 2022 - 12:19 WIB
loading...
A A A
Lulusan Terbaik Seskoad
Letkol Inf Eko Hardianto merupakan lulusan Akmil 2004. Sebelumnya, perwira kelahiran 1 November 1982 tersebut menempuh bangku pendidikan menengah di sekolah bergengsi, SMA Taruna Nusantara, Magelang, Jawa Tengah.

Berpengalaman di kecabangan infanteri (Kopassus), berbagai penugasan telah dijalani Eko. Sebagian besar di Korps Baret Merah antara lain Danton Yon 14 Grup 1 Kopassus, Danki Yon 14 Grup 1 Kopassus, Dansus Pusdiklatpassus hingga Kasmin Danjen Kopassus pada 2019.

Eko selanjutnya dipercaya sebagai Danyon 14/Bhadrika Sena Baladika dan kini diberi kepercayaan untuk menjabat Danyontar Madya Mentar Akmil. Rekam jejak pendidikannya terbilang cemerlang.

Mutasi TNI, Perwira Kopassus Lulusan Terbaik Seskoad Digeser ke Akmil

Foto/Twitter SMA Taruna Nusantara



Alumnus Pendidikan Komando Angkatan-74 TA 2006 itu tercatat sebagai lulusan terbaik ketika menempuh pendidikan Dikreg LVI Seskoad tahun 2018. Eko sejajar dengan nama-nama top lainnya yang juga pernah berpredikat sebagai lulusan terbaik pendidikan lanjutan AD itu.

Mengutip laman resmi Seskoad, mereka yang tercatat dalam sejarah sebagai lulusan terbaik antara lain Kolonel Inf Maraden Panggabean. Maraden kelak melesat menjadi jenderal bintang empat sebagai KSAD dan selanjutnya Panglima ABRI (kini Panglima TNI).

Ada pula Letkol Inf Himawan Sutanto. Tentara tempur berkumis lebat ini terlibat dalam operasi melawan agresi Belanda. Setelah itu, prajurit Divisi III Siliwangi ini juga menumpas pemberontakan DI/TII di Jawa Barat, gerombolan PKI Muso di Madiun dan Kahar Muzakkar di Sulawesi Selatan. Himawan kelak tembus bintang 3 (letjen) dan menjadi Pangkostrad.

Ada pula Letkol Inf Yogie S Memet. Jenderal Baret Merah yang banyak berkecimpung di Pasukan Kujang Divisi III Siliwangi ini juga keluar masuk hutan untuk menumpas pemberontakan Kahar Muzakkar di Sulawesi Selatan. Karena prestasinya yang menonjol, dia pernah dipercaya memegang tiga jabatan sekaligus: Danjen Kopassus, Pangdam Siliwangi, dan Pangkowilhan. Yogie pensiun dengan pangkat letjen.

Alumni terbaik Seskoad lainnya antara lain Mayor Inf Andika Perkasa. Karier Andika melesat hingga dipercaya sebagai Danpaspampres, KSAD dan kini Panglima TNI. Jenderal Andika akan purnatugas pada akhir Desember ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2009 seconds (0.1#10.140)