Survei LSN: Mayoritas Pemilih Nilai Prabowo Sosok yang Tegas

Jum'at, 16 Desember 2022 - 20:18 WIB
loading...
Survei LSN: Mayoritas Pemilih Nilai Prabowo Sosok yang Tegas
Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto menduduki puncak elektabilitas Capres 2024. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Lembaga Survei Nasional (LSN) menyebut Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto menduduki puncak elektabilitas calon presiden (Capres) 2024. Prabowo dinilai sebagai sosok yang tegas.

Direktur Eksekutif LSN Gema Nusantara Bakry mengatakan, berdasarkan survei yang dilakukan pada 16 hingga 29 November 2022 itu, terdapat tiga tingkat elektabilitas, dan Prabowo menempati kluster papan atas dengan elektabilitas berkisar 20 sampai 25%.

Gema mengatakan, mayoritas pemilihnya menilai Menteri Pertahanan (Menhan) itu sebagai sosok yang tegas dan berpengalaman, serta memiliki latar belakang TNI. "Alasan memilih Prabowo, sebanyak 63,3% karena tegas, lalu 23,1% memilih karena Prabowo pengalaman. Kemudian, 8,2% memilih Prabowo karena memiliki background TNI," kata Gema saat menyampaikan hasil survei secara daring, Jumat (16/12/2022).



Untuk diketahui, Prabowo masuk dalam kluster papan atas elektabilitas bersama dengan dua nama lain yakni Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan.



"Capres dalam survei LSN kali ini dapat dikelompokkan dalam tiga kluster. Pertama, kluster papan atas terdiri dari Prabowo, Ganjar dan Anies yang masing- masing elektabilitasnya berkisar 20 sampai 25%," kata Gema.

Lalu pada kluster papan tengah terdiri dari Ridwan Kamil, Moeldoko, Andika Perkasa, Sandiaga Uno, AHY, dan Erick Thohir yang masing-masing elektabilitasnya berkisar 2 hingga 7,5%. "Ketiga, kluster papan bawah dihuni oleh Puan Maharani, Airlangga Hartarto dan Muhaimin Iskandar dengan elektabilitas 0,4 hingga 1,7%," ucapnya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1949 seconds (0.1#10.140)