Partai Islam yang Lolos sebagai Peserta Pemilu 2024, Nomor Terakhir Pendatang Baru

Jum'at, 16 Desember 2022 - 14:18 WIB
loading...
Partai Islam yang Lolos sebagai Peserta Pemilu 2024, Nomor Terakhir Pendatang Baru
Terdapat sejumlah partai Islam yang telah dinyatakan lolos sebagai peserta Pemilu 2024. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah partai Islam yang telah dinyatakan lolos sebagai peserta Pemilu 2024 . Dari sekian banyak, terdapat beberapa di antaranya nama-nama partai Islam yang cukup dikenal di Indonesia.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah menetapkan sekitar 17 partai politik (parpol) menjadi peserta Pemilu di tahun 2024 mendatang. Pada prosesnya, partai-partai telah melewati berbagai tahapan dan verifikasi.

Baca juga : Soal Poros Partai Islam, Inisiator Partai Ummat Bilang Begini

Berikut sejumlah partai Islam yang lolos sebagai peserta Pemilu 2024.

1. PKB

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menjadi salah satu partai yang lolos sebagai peserta Pemilu 2024. Mengutip informasi dari laman resminya, PKB resmi dideklarasikan pada 29 Rabiul Awal 1419 H atau 23 Juli 1998.

Pembentukan PKB ini tak lepas dari sosok Gus Dur yang didukung sejumlah deklarator lainnya seperti KH Munasir Ali, KH Ilyas Ruchiyat, KH. A Mustofa Bisri, hingga KH. A. Muchith Muzadi.

Saat ini, PKB dipimpin oleh Muhaimin Iskandar atau yang biasa dikenal sebagai Cak Imin. Pada penetapan KPU beberapa waktu yang lalu, PKB berhasil lolos sebagai peserta Pemilu 2024 dan mendapat nomor urut 1.

2. PPP

Berikutnya ada Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Mengutip keterangan dari laman resminya, partai berlambang Ka’bah ini merupakan hasil gabungan dari 4 partai keagamaan.

Keempat partai tersebut adalah Partai Islam Persatuan Tarbiyah Islamiyah (PERTI), Partai Muslim Indonesia (PARMUSI), Partai Syarikat Islam Indonesia (PSII), dan Partai Nahdlatul Ulama (NU).

PPP dideklarasikan pada 5 Januari 1973. Saat itu, penggabungan keempat partai Islam ini didasarkan untuk penyederhanaan sistem kepartaian di Indonesia guna menghadapi Pemilu 1973.

Saat ini, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dipimpin oleh Muhammad Mardiono sebagai Plt Ketua Umum. Selain itu, mereka juga telah lolos sebagai peserta Pemilu 2024 dengan nomor urut 17.

3. PKS

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) didirikan pada 20 Juli 1998 dengan nama Partai Keadilan (PK). Kala itu, ketua pertamanya adalah Nurmahmudi Isma’il.

Dari sekian nama partai yang lolos sebagai peserta Pemilu 2024, partai yang saat ini dipimpin Ahmad Syaikhu ini juga termasuk menjadi salah satunya.

Baca juga : Soal Poros Partai Islam, Inisiator Partai Ummat Bilang Begini

4. PBB

Partai Islam berikutnya adalah Partai Bulan Bintang (PBB). Mengutip informasi dari laman resminya, PBB terlahir sebagai parpol Indonesia yang berasaskan Islam pada 17 Juli 1998 di Jakarta.

Pada pembentukannya, PBB didirikan dengan dukungan ormas-ormas Islam seperti Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI), Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia (DDII), Badan Koordinasi dan Silaturahmi Pondok Pesantren Indonesia (BKSPPI), dan lain sebagainya,

Sebagai partai Islam, PBB mengambil inspirasi dari Masyumi dan melandaskan perjuangannya pada ajaran-ajaran Islam yang universal dan bersifat rahmatan lil alamin.

Saat ini, Partai Bulan Bintang (PBB) dipimpin oleh Yusril Ihza Mahendra. Partai Islam ini telah dinyatakan lolos sebagai peserta Pemilu 2024 dengan nomor urut 13.

5. Partai Gelora

Partai Gelombang Rakyat (Gelora) menjadi salah satu partai pendatang baru. Dalam sejarahnya, pembentukan partai ini tak lepas dari sosok Anis Matta dan Fahri Hamzah pada 28 Oktober 2019.

Dalam salah satu pernyataannya, Anis Matta pernah menyebut bahwa Partai Gelora ini akan menjadi partai yang terbuka bagi masyarakat.

"Partai ini insyaallah akan jadi partai terbuka bagi rakyat, maka kita kasih nama gelombang rakyat, asasnya pancasila, jati dirinya Islam," ujar Anis seperti dikutip, Jumat (16/12/2022).

Selain itu, dia juga menyebut bahwa Partai Gelora adalah partai Islam sekaligus nasionalis, sehingga terbuka untuk seluruh kalangan masyarakat.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1853 seconds (0.1#10.140)