Besok, Malam Anugerah Dewan Pers 2022 Digelar di Bandung

Senin, 12 Desember 2022 - 19:24 WIB
loading...
Besok, Malam Anugerah Dewan Pers 2022 Digelar di Bandung
Dewan Pers menggelar talk show Jurnalisme Berkualitas untuk Peradaban Bangsa di Bandung, Jawa Barat, Senin (12/12/2022). FOTO/MPI/ARIF BUDIANTO
A A A
JAKARTA - Dewan Pers akan menggelar Malam Anugerah Dewan Pers 2022 di Hotel Trans Luxury Bandung, Jalan Gatot Subroto, Kota Bandung, Selasa (13/12/2022) besok. Sejumlah penghargaan bakal diberikan kepada insan pers dan media massa dalam acara tersebut.

Penghargaan untuk tujuh kategori akan diberikan bagi karya jurnalistik terbaik dari media cetak, siber, foto, radio, dan televisi. Juga kepada perusahaan pers kategori jumlah karyawan lebih dari 100 orang dan jumlah karyawan kurang dari 100 orang.

Setiap kategori berisikan lima nomine, sehingga totalnya 35 orang. Mereka yang mendapatkan penghargaan berhasil menyisihkan ratusan peserta yang berasal dari berbagai provinsi di Indonesia, mulai dari Aceh hingga Papua.

Baca juga: Upaya Dewan Pers Lindungi Jurnalis dari Kriminalisasi KUHP Baru

Para nomine dan pemenang dipilih oleh dewan juri yang terdiri dari tokoh-tokoh pers terkemuka, di antaranya adalah M Agung Dharmajaya, Yosep Adi Prasetyo, Dadang Rahmat Hidayat, Bambang Harymurti, Atal Depari, Ninuk Pambudi, dan Ninik Rahayu.

"Mereka telah menilai karya jurnalistik, kinerja media, dan ketokohan para kandidat pemenang," kata Ketua Panitia Anugerah Dewan Pers 2022, Asmono Wikan, Senin (12/12/2022).

Anugerah Dewan Pers digelar bertujuan memberikan apresiasi kepada insan pers yang telah berkarya dan memberikan kontribusi bagi jurnalisme berkualitas dan kemerdekaan pers. Di samping itu, ajang ini juga untuk memberikan motivasi bagi ekosistem pers agar senantiasa menjaga kemerdekaan pers melalui karya karya jurnalisme yang berkualitas.

Anugerah Dewan Pers diharapkan mampu mempromosikan kemerdekaan pers dan jurnalisme berkualitas dalam membangun peradaban bangsa yang luhur.

"Dengan side event dan malam Anugerah Dewan Pers ini, kami berharap para jurnalis dan masyarakat luas akan mendapatkan informasi dan pengetahuan mengenai jurnalisme berkualitas. Dengan demikian, kemerdekaan pers akan terus dapat terjaga," kata Asmono Wikan.

Malam Anugerah Dewan Pers rencananya dihadiri sejumlah tokoh pers nasional dan pimpinan lembaga pemerintahan. Selain pengumuman pemenang, acara juga akan dimeriahkan dengan penampilan Yura Yunita. Penyanyi bernama asli Yunita Rachman ini akan menghibur hadirin dengan sejumlah tembang populernya seperti Tutur Batin dan Dunia Tipu-tipu.

Pada rangkaian acara hari ini digelar talk Show Jurnalisme Berkualitas untuk Peradaban Bangsa. Dalam talk show ini, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mohammad Mahfud MD hadir untuk memberikan keynote speech. Sementara talk show menghadirkan sejumlah narasumber yaitu Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Plt Ketua Dewan Pers M Agung Dharmajaya, Direktur Komunikasi SBM ITB Nurlaela Arief, dan wartawan Tempo Agung Sedayu.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6289 seconds (0.1#10.140)