Pengamat Nilai Wajar jika Moeldoko Jadi Kandidat Bakal Capres 2024

Senin, 12 Desember 2022 - 18:13 WIB
loading...
Pengamat Nilai Wajar jika Moeldoko Jadi Kandidat Bakal Capres 2024
Pengamat politik Unair, Suko Widodo menyatakan, wajar jika nama Moeldoko sebagai salah satu kandidat bakal Capres 2024, di berbagai lembaga survei. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Hal wajar jika nama Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko , sebagai salah satu kandidat bakal Capres 2024, di berbagai lembaga survei. Hal ini dikatakan oleh pengamat politik Universitas Airlangga (Unair), Suko Widodo.

"Sangat wajar karena Moeldoko juga mempunyai pengaruh penting dalam pemerintahan saat ini," kata Suko dalam keterangannya, Senin (12/12/2022).

Suko menuturkan, partai membutuhkan sosok tegas, humanis, serta loyalis dalam segala bidang. Kriteria inilah, menurutnya, dimiliki oleh figur Moeldoko, sehingga mampu mendapatkan hati masyarakat.

"Pak Moeldoko salah satu menteri yang loyalis, sehingga mendapatkan kepercayaan besar dari Presiden Joko Widodo. Oleh kerena itu, pantas dalam hasil survei nama Moeldoko masuk dalam kandidat Capres 2024," ucapnya.

Baca juga: Capres Poros Ketiga Pilpres 2024 Belum Terlihat

Selain itu, di bidang sosial Suko menerangkan, Moeldoko juga memimpin organisasi besar Himpunan Kelompok Tani Indonesia (HKTI). Sebab itu dia menilai wajar, jika Moeldoko meraih hasil survei yang besar dan populer di masyarakat.

"Saat ini kan orang mulai menyeleksi dan menimbang-menimbang dari berbagai informasi, terlebih lagi kedinamisan politik saat ini membuat orang-orang bingung. Dari situlah orang-orang menentukan Pak Moeldoko sebagai kandidat calon presiden atas ketidakpercayaan publik terhadap calon dari sipil," terangnya.

Diketahui nama Moeldoko meraup suara 14,7 persen dalam survei Political Statistic (Polstat). Hal itu ditengarai bisa menjadi pertimbangan parpol dalam menentukan kader yang akan diusung menjadi capres. Polstat merilis hasil survei pada Jum’at, 2 Desember 2022.

Sehari kemudian, (3/12/2022) sosok Moeldoko juga ternyata mendapat perhatian cukup signifikan dari publik dalam survei Surabaya Research Syndicate (SRS). Sosok Moeldoko muncul saat responden ditanya diantara para menteri kabinet Jokowi, siapa menteri yang paling layak menggantikan sebagai presiden.

"Untuk tokoh-tokoh papan tengah dan papan bawah, tingkat elektabilitas mereka relatif stagnan bahkan cenderung menurun. Satu-satunya tokoh yang mengalami kenaikan elektabilitas hanyalah Jenderal Moeldoko," kata Tony Perwira, peneliti senior SRS pada pers rilis, Sabtu (3/12/2022).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1560 seconds (0.1#10.140)