Buka Mukernas II MUI, Wapres: Jaga Akidah Umat Agar Tidak Radikal

Kamis, 08 Desember 2022 - 18:09 WIB
loading...
Buka Mukernas II MUI, Wapres: Jaga Akidah Umat Agar Tidak Radikal
Wapres KH Ma’ruf Amin mengajak MUI menjaga akidah umat dari pemikiran-pemikiran radikal. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin mengajak Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk menjaga akidah umat dari pemikiran-pemikiran radikal. Hal itu diungkapkan Wapres di Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) II MUI, di Hotel Sahid, Jakarta Pusat, Kamis (8/12/2022).

“Umat yang mayoritas bangsa ini harus kita jaga, harus diurus, harus dipelihara, akidahnya harus dijaga, makanya kita sebut menjaga umat. Yang dijaga akidahnya daripada akidah-akidah yang menyimpang. Jangan umat Islam ini akidahnya menyimpang dan cara berfikir yang menyeleweng, yang berlebihan, yang radikal, dan juga cara yang berpikir yang tidak punya perhatian, rasa tanggung jawab, tanggung jawab keislamannya tidak ada,” ungkap Wapres.

Wapres juga mengatakan, MUI merupakan rumahnya sendiri. Apalagi, Wapres telah menjadi Ketua Komisi Fatwa hingga kini menjadi Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia.

Baca juga: MUI Apresiasi RKUHP Disahkan Menjadi UU

“Jadi Ketua Komisi Fatwa, membidangi Komisi Fatwa, menjadi Wakil Ketua Umum sampai Ketua Umum, sekarang saya menjadi Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia, kalau masih ada boleh jabatan lagi, saya tidak akan pergi dari Majelis Ulama Indonesia,” kata Wapres.

Baca juga: Hadiri Dialog Perdamaian di India, KH Cholil Ajak Tokoh Agama Dunia Cegah Ekstremisme

Wapres menyebut, tema yang diangkat dalam Mukernas II MUI kali ini sangat tepat. “Saya kira tepat sekali tema kali ini, karena MUI adalah wadah perkhidmatan, perkhidmatan para ulama, para cendekiawan, perkhidmatan terhadap umat dan kepada bangsa dan negara. Ini saya kira itu memang visi MUI, kita sebut dengan pelayan umat, berkhidmat sebagai mitra pemerintah,” paparnya.

Wapres menambahkan, Mukernas MUI tidak jadi dilaksanakan di Lampung, namun di Jakarta. “Saya bersyukur karena waktunya diubah, kebetulan, besok ada acara mengisi di Ulang Tahun KPK Sedunia di Kantor KPK, sore saya harus berangkat ke Solo menghadiri perkawinan anak Presiden, dan kalau diadakan Lampung umek sekali, dan harinya Jumat. Sekarang saya bisa ke KPK, sore saya bisa berangkat ke Solo, ini namanya alhamdulillah, dirubah itu namanya Alhamdulillah,” ucapnya.
(cip)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2788 seconds (11.97#12.26)