Cegah Provokasi, Masyarakat Diminta Cerdas Pilah Informasi

Kamis, 09 Juli 2020 - 20:56 WIB
loading...
Cegah Provokasi, Masyarakat Diminta Cerdas Pilah Informasi
Di tengah derasnya arus informasi dari segala arah, sering kali informasi yang ada bermuatan menghasut. Masyarakat diharapkan cerdas dan tidak mudah terprovokasi atau diadu domba. Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Di tengah derasnya arus informasi dari segala arah, sering kali informasi yang ada bermuatan menghasut. Karena itu, masyarakat diharapkan untuk cerdas dan tidak mudah terprovokasi atau diadu domba dari informasi-informasi yang belum jelas kebenarannya itu.

Ketua Presidium Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) Septiaji Eko Nugroho mengatakan, media informasi seperti media sosial seringkali memuat informasi yang belum valid hingga menimbulkan provokasi di tengah masyarakat.

Oleh karena itu, lanjut dia, masyarakat harus pintar memilahnya.“Media informasi seperti media sosial memberi banyak sekali informasi yang sebetulnya informal atau belum valid. Ada beberapa yang positif tapi sebagian itu seringkali muncul tanpa ada verifikasi dan berpotensi meresahkan masyarakat bahkan dapat menyebabkan provokasi dan adu domba. Oleh sebab itu masyarakat harus pintar memilahnya,” tutur Ketua Mafindo Septiaji Eko Nugroho di Jakarta, Kamis, (9/7/2020).

Menurut dia, masyarakat harus memahami adanya provokasi yang bisa mengarah kepada konflik sosial yang bisa berakibat pada bentrokan fisik. Untuk itu masyarakat harus bisa lebih berhati-hati memilih dan menyebarkan berita.

“Sehingga informasi-informasi yang muncul di media sosial harus di-tabayyuni terlebih dahulu sehingga tidak mudah terhasut. Kuncinya tentu masyarakat harus paham bahayanya,” ujar Septiaji.

(Baca juga: Sehari Tambah 2.657 Kasus Corona, Jabar Sumbang Terbanyak Hari Ini)

Aktivis sekaligus pengusaha muda tersebut menyampaikan, agar tidak mudah termakan hoaks dan hasutan masyarakat harus melakukan kroscek dari beberapa sumber yang ada. Masayrakat diminta untuk bersabar dalam memilah berita dan tidak langsung menelan begitu saja.

“Kita tunggu dulu, kita cek dulu ke beberapa sumber yang lain baru kita membuat kesimpulan. Jadi kita jangan mudah termakan oleh informasi yang mungkin disebar melalui grup WA (WhatsApp), Facebook atau media sosial lain,” tuturnya.

Septiaji berharap masyarakat jangan mau membaca informasi dari situs abal-abal. Jika masyarakat merasa bingung dengan informasi yang ada maka masyarakat perlu cari tahu dari sumber-sumber yang valid lainnya. Karena saat ini situs abal-abal itu beritanya biasa disebarkan melalui media sosial dan grup WA.

“Nah masyarakat perlu berlatih untuk tahu, untuk tidak mengambil dari situs-situs yang tidak jelas. Secara prinsip media, media yang bisa dipercaya adalah media yang sudah terdaftar di Dewan Pers yang bisa lebih terjamin ke validannya,” katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2800 seconds (0.1#10.140)