Hebatnya Warga Kampung Karanggede Bantul, Tetap Jaga Pura meski Tak Ada Lagi Penganut Hindu

Sabtu, 03 Desember 2022 - 09:52 WIB
loading...
A A A
Meski mayoritas beragama Islam, namun warga Karanggede juga selalu membantu jika ada penganut agama lain tengah ada sembahyangan. Seperti di Pura Karanggede. Setiap purnama sekali, di lokasi itu digelar sembahyang oleh umat Hindu yang semuanya berasal dari luar daerah di Karanggede. “Kami tetap bantu mulai dari parkir hingga keamanan. Saya juga tak terganggu. Pokoknya los dol ,” ujar Samsu.

Hal yang sama juga dilakukan saat di Susteran Gembala Baik digelar ibadah. Meski statusnya semacam asrama bagi para suster namun dalam waktu-waktu tertentu di tempat itu juga digelar ibadah dengan mendatangkan jemaat banyak. Warga Karanggede juga berbondong-bondong membantu.

Dengan adnya empat tempat ibadah dalam satu kampung itu, Karanggede dinobatkan sebagai Desa Sadar Kerukunan oleh Kementerian Agama. Peresmian sebagai Desa Sadar Kerukunan ini dilakukan oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas pada November 2021 silam. Tak hanya itu, Kampung Karanggede juga menjadi lokasi studi banding tentang kerukunan beragama dan toleransi. Ini seiring dengan Tahun 2022 yang dicanangkan sebagai Tahun Toleransi oleh Kementerian Agama.

Baru-baru ini, sejumlah mahasiswa dari berbagai kampus juga datang ke kampung ini untuk belajar toleransi beragama. Secara khusus para mahasiswa ini menginap beberapa hari di rumah warga untuk memotret langsung kerukunan beragama di Karanggede.

Para mahasiswa ini berbaur dan merasakan sendiri betapa tolerannya warga Karanggede. Mereka juga mendatangi langsung masing-masing tempat ibadah yang ada di tempat ini.(adv - anf)

Toleransi tak hanya diberikan oleh warga mayoritas, para penganut agama minoritas di Kampung Karanggede ini juga mempunyai toleransi yang tinggi. “Pak Pendeta setiap Lebaran juga keliling kampung ke tokoh-tokoh dan warga. Dan itu rutin dilakukan. Kami juga monggo saja dengan senang hati kami terima,” ujar Pak RT, Heri Joko.
(atk)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1755 seconds (0.1#10.140)