Wapres Ungkap Tren Kasus Covid-19 Saat Ini Menurun

Sabtu, 03 Desember 2022 - 07:33 WIB
loading...
Wapres Ungkap Tren Kasus Covid-19 Saat Ini Menurun
Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengatakan tren kasus Covid-19 saat ini sudah mulai mengalami penurunan. Foto/Ilustrasi/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengatakan tren kasus Covid-19 saat ini sudah mulai mengalami penurunan. Berdasarkan laporan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Wapres menuturkan bahwa puncak varian baru XBB yang merupakan sub varian Omicron saat ini sudah terlewati.

“Menurut Kementerian Kesehatan, tertinggi atau puncak dari varian baru itu di bulan November ya. Dan dari bulan November itu sekarang posisinya (kasus) menurun itu dari Kementerian Kesehatan,” kata Wapres dalam keterangan yang diterima, Jumat (2/12/2022).

Kendati demikian, Wapres meminta masyarakat agar tetap waspada terutama menjaga protokol kesehatan (prokes) meski terjadi penurunan kasus Covid-19. Wapres juga mendorong agar masyarakat segera melengkapi vaksinasinya, bahkan booster kedua yang saat ini sudah dimulai pada lansia, untuk menciptakan kekebalan komunitas.





“Oleh karena itu pertama itu mengenai masalah vaksinasi yang terus kita, kita terus dorong bahkan juga booster kedua. Kemudian prokes masih tetap,” imbuhnya.

Wapres mengatakan saat ini masih diterapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 1 di berbagai daerah sebagai upaya untuk menekan transmisi penularan kasus Covid-19. “Dan apa namanya level 1 di berbagai daerah masih tetap dipertahankan,” katanya.

“Jadi pada masyarakat prokes tetap, pemakaian (masker), ini artinya memang diserukan. Dan yang juga sekarang baru itu adalah booster yang kedua, itu untuk menangkal (virus),” sambungnya.

Dia mengatakan saat ini seluruh wilayah Indonesia masih diberlakukan PPKM level 1, dan belum dinaikkan. “Tapi prokes tetap dijaga kemudian booster, vaksinasi booster yang kedua itu kita dorong. Ini kan kita ingin supaya kekebalan masyarakat itu dicapai, kan belum dicapai,” pungkasnya.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1542 seconds (0.1#10.140)