Deretan Ayah dan Anak Jadi Menteri, Nomor 1 dan 4 di Kementerian Serupa

Kamis, 01 Desember 2022 - 06:01 WIB
loading...
A A A
Kementerian Perindustrian pernah dipimpin oleh ayah dan anak, yaitu Hartarto Sastrosoenarto dan Airlangga Hartarto. Hartarto merupakan Menteri Perindustrian yang menjabat dua periode, yakni 1983 hingga 1993 dalam Kabinet Pembangunan IV dan Kabinet Pembangunan V.

Pria kelahiran 30 Mei 1932 itu selanjutnya dipercaya sebagai Menteri Koordinator Bidang Produksi dan Distribusi (Menko Prodis) tahun 1993-1998 dan Menteri Koordinator Pengawasan Pembangunan dan Pendayagunaan Aparatur Negara (Menko Wasbangpan) pada 1998.

Menikah dengan Hartini, Hartarto dikaruniai lima orang anak. Anak keduanya adalah Airlangga Hartarto. Mengikuti jejak sang ayah, Airlangga Hartarto juga pernah memimpin Kementerian Perindustrian pada 2016-2019.

Airlangga dipilih sebagai Menteri Perindustrian untuk menggantikan Saleh Husin saat perombakan Kabinet Kerja oleh Presiden Joko Widodo.

Airlangga yang lahir pada 1 Oktober 1962, sekarang menjabat sebagai Menteri Bidang Perekonomian pada Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024. Selain itu, ia juga merupakan Ketua Umum Partai Golkar.

2. Soemitro Djojohadikoesoemo dan Prabowo Subianto

Deretan Ayah dan Anak Jadi Menteri, Nomor 1 dan 4 di Kementerian Serupa


Soemitro Djojohadikoesoemo dikenal sebagai Begawan Ekonomi Indonesia, serta Bapak Ilmu Ekonomi Pembangunan Indonesia. Ia juga merupakan peletak dasar terbentuknya Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia dan menjadi dekan kedua di fakultas tersebut.

Lahir pada 29 Mei 1917, Soemitro adalah putra sulung Margono Djojohadikoesoemo, yang tercatat dalam sejarah sebagai pendiri Bank Negara Indonesia. Dalam pemerintahan, Soemitro pernah menjabat sebagai menteri di masa pemerintahan Presiden Soekarno dan Presiden Soeharto.

Ia menempati posisi Menteri Perdagangan dan Perindustrian dalam Kabinet Natsir, Menteri Keuangan pada Kabinet Wilopo, dan Kabinet Burhanuddin Harahap.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1575 seconds (0.1#10.140)