Deretan Ayah dan Anak Jadi Menteri, Nomor 1 dan 4 di Kementerian Serupa

Kamis, 01 Desember 2022 - 06:01 WIB
loading...
Deretan Ayah dan Anak Jadi Menteri, Nomor 1 dan 4 di Kementerian Serupa
Para menteri Kabinet Indonesia Maju saat foto bersama Presiden Jokowi dan Wapres Maruf Amin di Istana Negara. Foto: Antara/Dok
A A A
JAKARTA - Dalam sejarah Kabinet Indonesia, terdapat puluhan deretan nama yang pernah menjabat sebagai menteri . Menariknya, beberapa pos menteri dijabat oleh ayah dan anak.

Sejak proklamsi kemerdekaan, Indonesia sudah memiliki 40 kabinet yang terbagi dalam lima era. Di era Perjuangan Kemerdekaan terdapat delapan kabinet, era Demokrasi Parlementer sembilan kabinet, era Demokrasi Terpimpin sembilan kabinet, era Orde Baru tujuh kabinet, dan era Reformasi hingga saat ini tujuh kabinet.



Pada masa Presiden Soekarno atau era Demokrasi Terpimpin, periode jabatan kabinet tidak tetap. Karenanya, sering terjadi perombakan atau resuffle kabinet atau menteri.

Sedangkan pada masa Orde Baru atau era Presiden Soeharto, jabatan kabinet atau menteri rata-rata selama lima tahun. Masa jabatan menteri lima tahun masih berlaku saat memasuki Reformasi hingga saat ini mengikuti masa jabatan presiden.



Dari puluhan nama yang pernah duduk di Kabinet Indonesia, terdapat sejumlah tokoh yang memiliki hubungan keluarga, yakni ayah dan anak. Siapa saja mereka?

Berdasarkan Data Litbang SINDOnews, berikut deretan ayah dan anak yang sama-sama pernah menjabat sebagai menteri:

1. Hartarto Sastrosoenarto dan Airlangga Hartarto

Deretan Ayah dan Anak Jadi Menteri, Nomor 1 dan 4 di Kementerian Serupa
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1915 seconds (0.1#10.140)