Deretan Politikus Rambut Putih, Nomor 4 Menyamar Jadi Fotografer

Senin, 28 November 2022 - 06:01 WIB
loading...
Deretan Politikus Rambut Putih, Nomor 4 Menyamar Jadi Fotografer
Ganjar Pranowo, Fahri Hamzah, Basuki Hadimuljono, Amien Rais, dan Maruf Amin. Foto/Dok SINDOnews dan Istimewa
A A A
JAKARTA - Pernyataan Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) yang menyebut salah satu ciri pemimpin memikirkan rakyat adalah rambut putih atau uban ramai diperbincangkan. Tidak sedikit juga meme terkait rambut putih di media sosial Twitter.

Adapun pernyataan Jokowi itu disampaikan saat menghadiri acara Nusantara Bersatu yang dihadiri relawan Jokowi di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Sabtu (26/11/2022). Awalnya, Jokowi membeberkan sosok pemimpin yang dekat dan memikirkan rakyatnya.

Pemimpin tersebut bisa dilihat dari raut wajah hingga rambut yang sampai memutih karena memikirkan rakyatnya. "Banyak kerutan di wajahnya karena mikirin rakyat. Ada juga yang mikirin rakyat sampai rambutnya putih semua, ada, ada itu," ujar Jokowi di lokasi.





Di samping itu, Jokowi mengingatkan rakyat mesti berhati-hati apabila sosok pemimpin lainnya berwajah bersih. Jokowi pun mengulangi pernyataannya bahwa pemimpin yang memikirkan rakyatnya berambut putih.

"Saya ulang, jadi pemimpin yang mikirin rakyat itu kelihatan dari penampilannya, dari kerutan di wajahnya. Kalau wajahnya cling, bersih, tidak ada kerutan di wajahnya, hati-hati. Lihat juga, lihat rambutnya. Kalau rambutnya putih semua, ya ini mikirin rakyat ini," tutur Jokowi.

Lalu, siapa tokoh berambut putih yang dimaksud Presiden Jokowi? SINDOnews mencoba merangkum sejumlah tokoh atau politikus yang berambut putih.

Sejumlah tokoh berambut putih yang diulas dalam artikel ini umumnya politikus. Ada yang masih menjabat di pemerintahan, ada juga yang mantan wakil rakyat.



1.Ganjar Pranowo
Pria kelahiran Karanganyar, Jawa Tengah, 28 Oktober 1968 itu merupakan kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Anak dari pasangan Pamuji dan Sri Suparmi ini merupakan suami dari Siti Atikoh Suprianti.

Dia menjabat gubernur Jawa Tengah sejak 2013. Periode keduanya akan berakhir pada 2023. Dia sebelumnya merupakan anggota DPR RI. Selama di lembaga legislatif, Ganjar Pranowo pernah menduduki sejumlah jabatan.

Di antaranya wakil ketua Komisi II DPR RI atau komisi yang membidangi pemerintahan dalam negeri, otonomi daerah, aparatur negara, reformasi birokrasi, pemilu, pertanahan dan eeformasi agraria pada periode 2009-2013. Kemudian, anggota Pansus Angket Bank Century di DPR RI periode 2009-2010.

Deretan Politikus Rambut Putih, Nomor 4 Menyamar Jadi Fotografer


Nama Ganjar Pranowo juga sering masuk bursa calon presiden (capres) 2024 di sejumlah lembaga survei. Dia juga merupakan salah satu bakal capres yang mendapat dukungan kelompok relawan.

Usai Presiden Jokowi membeberkan kriteria pemimpin berambut putih itu, Ganjar Pranowo mengunggah foto dirinya berambut hitam, cepak, dan rapih di Instagramnya, Minggu (27/11/2022). Wajahnya juga terlihat lebih cling atau glowing.

Jauh dari penampilan sebelumnya sisi kanan-kiri rambut kurang begitu rapi dan berwarna putih. "Cukur..Kamu punya tips merawat wajah & rambut?" tulis Ganjar dalam keterangan fotonya dikutip, Minggu (27/11/2022).

2. Ma'ruf Amin
Pria kelahiran 11 Maret 1943, Kota Tangerang, Banten, ini menjabat Wakil Presiden (Wapres) periode 2019-2024. Dia terjun ke dunia politik pada 1971, kala itu sebagai anggota DPRD DKI Jakarta dari utusan golongan.

Mantan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) ini juga pernah menjabat anggota DPR Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) periode 1973-1977. Lalu, Ma'ruf Amin menjabat anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi PPP periode 1977-1982, dan anggota DPR Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) periode 1999-2004.

Pada Selasa, 22 November 2022, Wapres Ma'ruf Amin menerima laporan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melalui video call mengenai perkembangan informasi terkait korban akibat gempa Cianjur. Saat itu, Ma'ruf Amin mengenakan polo shirt berwarna biru dan tidak mengenakan peci.

Deretan Politikus Rambut Putih, Nomor 4 Menyamar Jadi Fotografer

Foto/Setwapres



3. Amien Rais
Pria kelahiran Surakarta, 26 April 1944 itu merupakan pendiri Partai Amanat Nasional (PAN) yang dideklarasikan pada 23 Agustus 1998. Amien pernah menjabat ketua umum PAN hingga 2005.

Perjalanan politik Amien Rais di PAN berakhir pasca-Kongres V PAN di Kendari, Sulawesi Tengah, Februari 2020. Jagoannya di Kongres yakni Mulfachri Harahap, kalah dari petahana, Zulkifli Hasan.

Pada 21 Juli 2020, Amien Rais menyebut dirinya sudah tidak ada di Partai Amanat Nasional (PAN). Amien menyebut dirinya dikeluarkan dari PAN.

Deretan Politikus Rambut Putih, Nomor 4 Menyamar Jadi Fotografer


Amien kemudian mendirikan Partai Ummat yang dideklarasikan pada 29 April 2021 bertepatan dengan 17 Ramadhan 1442 Hijriah. Di partai baru tersebut, Amien menjabat sebagai Ketua Majelis Syura.

Amien juga pernah terpilih menjadi Ketua MPR RI setelah mengalahkan Matori Abdul Djalil pada 3 Oktober 1999. Dia juga pernah menjabat Ketua Umum PP Muhammadiyah.

4. Basuki Hadimuljono
Pria kelahiran Surakarta 5 November 1954 ini menjabat Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Dia banyak mengabdi di instansi PU.

Basuki pernah menjabat Direktur Wilayah Tengah, Ditjen Sumber Daya Air periode 2001-2002. Kemudian, Basuki menjabat
Kepala Biro Perencanaan & Kerjasama Luar Negeri, Sekretariat Jenderal periode 2002-2003.

Selanjutnya, menjabat Direktur Jenderal Sumber Daya Air periode 2003-2005, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan periode 2005-2007, Inspektur Jenderal periode 2007-2013, dan Direktur Jenderal Penataan Ruang periode 2013-2014.

Basuki merupakan salah satu menteri yang sering mendampingi Presiden Jokowi dalam kunjungan kerja. Basuki juga merupakan menteri yang multitalenta.

Pria yang jago menabuh drum ini sempat membuat band bernama Elek Yo Band bersama menteri-menteri lainnya. Band tersebut beberapa kali mengisi acara kenegaraan.

Tak hanya bermain musik, Basuki Hadimuljono juga menyita perhatian ketika menyamar sebagai fotografer saat Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali beberapa waktu lalu. Kala itu, foto Basuki yang tengah membidik objek dengan kamera dengan lensa tele cukup panjang serta baju warna putih dan topi dibalik itu beredar dan viral.

Deretan Politikus Rambut Putih, Nomor 4 Menyamar Jadi Fotografer

Foto/Instagram Kementerian PUPR



Basuki mengaku tak berniat menjadi gubernur setelah masuk Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Dirinya pun heran diisukan ingin menjadi calon gubernur.

"Siapa? Gubernur apa?" ujar Basuki Hadimuljono di Istana Negara, Jakarta, Senin (11/7/2022).

Dia mengungkapkan sudah lanjut usia. Sehingga, Basuki lebih memilih untuk beristirahat ketimbang melanjutkan karier politiknya. "Saya sudah selesailah, sudah 70 tahun," katanya.

5. Fahri Hamzah
Pria kelahiran 10 November 1971, Utan, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB) ini merupakan mantan Wakil Ketua DPR periode 2014-2019. Fahri Hamzah terkenal sebagai wakil rakyat yang vokal mengkritik pemerintah.

Fahri Hamzah dipecat dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) pada 4 April 2016. Setelah tak lagi menjadi wakil rakyat, Fahri Hamzah berjualan kopi. Kopi Revolusi namanya.

Deretan Politikus Rambut Putih, Nomor 4 Menyamar Jadi Fotografer

Foto/Twitter Fahri Hamzah



Kemudian, Fahri Hamzah bersama gerbongnya di PKS mendirikan Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia bersama Anis Matta dan Mahfuz Sidik. Di Partai Gelora, Fahri Hamzah menjabat sebagai wakil ketua umum.

Fahri Hamzah juga salah satu politikus yang ikut meramaikan tanda pagar (tagar) #RambutPutih di Twitter. "Ehem..ehem. Yg mulai memenuhi kriteria (emoji tertawa). #RambutPutih #WajahKerut," cuit Fahri Hamzah di akun Twitternya dengan postingan foto dirinya.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2754 seconds (0.1#10.140)