Jokowi Ungkap Kriteria Pemimpin Itu Berambut Putih, Relawan: Identik Ganjar Pranowo

Sabtu, 26 November 2022 - 16:28 WIB
loading...
Jokowi Ungkap Kriteria Pemimpin Itu Berambut Putih, Relawan: Identik Ganjar Pranowo
Presiden Jokowi memberikan sambutan dihadapan ribuan relawan yang tergabung dalam Gerakan Nusantara Bersatu di Stadion GBK, Jakarta. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) menyebut kriteria yang sesuai untuk memimpin bangsa Indonesia. Di antaranya yang memikirkan rakyat, hal tersebut dapat dilihat dari raut wajah dan warna rambut yang sudah memutih.

Menanggapi itu, Ketua Umum Relawan Arus Bawah Jokowi (ABJ) Michael Umbas mengatakan apa yang dikatakan Jokowi tersebut merupakan sesuatu analogi yang tersirat kepada salah satu sosok calon presiden 2024.

"Dari analogi kriteria yang disampaikan Pak Presiden Jokowi, dapat diartikan bahwa dengan komposisi calon yang ada sekarang ya Pak Ganjar Pranowo. Kan beliau tidak mungkin sebut nama, tetapi kriteria yang rambut putih kebetulan identik dengan Ganjar. Kecuali ada lagi calon lain yang akan muncul dengan ciri rambut putih,” kata Umbas, Sabtu (26/11/2022).



Umbas menegaskan, Jokowi lebih cenderung membuat analogi dan perumpamaan karena memang sejauh ini semua dinamika politik capres masih sangat cair. “Pak Jokowi dengan gaya Solo senang membahasakan dengan perumpamaan dan analogi-analogi tapi sesungguh memiliki substansi kuat, termasuk soal rambut putih dan wajah kerutan,” kata Umbas.



Meski begitu, Umbas juga menegaskan, para pendukung Presiden Jokowi sejatinya akan tetap setia menunggu arahan, termasuk dalam menentukan sikap politik dalam estafet kepemimpinan di 2024. "Pendukung Jokowi setia menunggu arahan atau petunjuk dari Presiden untuk kepemimpinan nasional ke depan," kata Umbas.

Diketahui, ribuan relawan pendukung setia Presiden Jokowi yang terhimpun dalam Gerakan Nusantara Bersatu menggelar pertemuan di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat.

Umbas yang ikut mendampingi Presiden Jokowi di acara akbar itu mengatakan, pertemuan Gerakan Nusantara Bersatu ini adalah pengobat rindu para pendukung terhadap Presiden Jokowi karena sudah lama tidak melakukan pertemuan Akbar seperti ini.

"Acara Nusantara Bersatu di GBK yang hari ini diikuti oleh ribuan orang massa pendukung Jokowi yang sekaligus membuktikan bahwa Presiden Jokowi tetap dicintai dan memiliki pendukung fanatik di seluruh Indonesia,” kata Umbas.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1721 seconds (0.1#10.140)