Peran Aktif Presiden Jokowi di Dunia Internasional Dipuji

Sabtu, 26 November 2022 - 15:10 WIB
loading...
Peran Aktif Presiden Jokowi di Dunia Internasional Dipuji
Peran aktif Presiden Joko Widodo (Jokowi) di dunia internasional mendapat banyak pujian. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Peran aktif Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) di dunia internasional mendapat banyak pujian. Pasalnya, langkah Jokowi tersebut dinilai mampu membentengi Indonesia dari berbagai tantangan global yang mengancam negara-negara di dunia.

Hal itu disampaikan Gubernur Bali Wayan Koster saat menjadi pembicara pada seminar yang diselenggarakan oleh BEM Universitas Udayana dengan tajuk “Momentum Presidensi G20: Kolaborasi dan Penguatan Generasi Muda untuk Indonesia Maju”.

Koster mengapresiasi langkah Jokowi yang mendorong Indonesia berperan aktif dalam politik dunia. Menurutnya, berbagai ancaman global bisa diatasi dengan sinergitas bersama negara-negara lain. “Tantangan global sangat besar. Setiap negara harus saling bekerja sama dengan negara lainnya pascapandemi Covid-19 dan ancaman pelemahan ekonomi global,” ujar Koster, Sabtu (26/11/2022).

Baca juga: Salaman Kepala Tegak dengan Joe Biden dan Xi Jinping, Jokowi: Kita Negara Besar

Terbaru Jokowi juga dipercaya untuk memimpin agenda Presidensi G20 yang diselenggarakan di Bali. Presiden RI ke-7 itu mengomandoi kegiatan forum kerja sama multilateral yang beranggotakan negara-negara dengan perekonomian besar di dunia yang terdiri dari 19 negara dan Uni Eropa (EU).

Baca juga: Jokowi: Jangan Sampai Pilih Pemimpin Senangnya Duduk di Istana yang AC-nya Dingin

Koster mengatakan, berperannya Indonesia di berbagai forum internasional dapat mendorong perdamaian dunia. Sehingga Jokowi dinilai sukses menjalankan amanat konstitusi. “Politik luar negeri Indonesia adalah peran aktifnya dalam pergaulan internasional. Indonesia berperan aktif di berbagai forum internasional, baik regional maupun dunia, guna menciptakan perdamaian dunia sebagaimana amanat konstitusi,” kata Koster.
(cip)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2634 seconds (11.97#12.26)