Salaman Kepala Tegak dengan Joe Biden dan Xi Jinping, Jokowi: Kita Negara Besar

Sabtu, 26 November 2022 - 11:47 WIB
loading...
Salaman Kepala Tegak dengan Joe Biden dan Xi Jinping, Jokowi: Kita Negara Besar
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menceritakan pengalaman bersalaman dengan kepala tegak dengan Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan Presiden RRT Xi Jinping pada KTT G20. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut bahwa Indonesia mampu berdiri tegak dibandingkan dengan negara-negara besar lainnya khususnya Amerika dan Republik Rakyat Tiongkok (RRT). Hal tersebut digambarkannya pada saat pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali.

"Waktu kemarin di G20 semua lihat kan? Kita mampu berdiri tegak dengan kepala mendongak di antara negara besar dunia," ujar Jokowi di acara Nusantara Bersatu, Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (26/11/2022). Baca juga: Jokowi: Jangan Sampai Pilih Pemimpin Senangnya Duduk di Istana yang AC-nya Dingin



Jokowi pun menceritakan pengalamannya bersalaman dengan Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan Presiden RRT Xi Jinping pada KTT G20. "Saya waktu salaman dengan mereka dengan Presiden Biden saya salaman juga," kata Jokowi sambil mempraktikkan salamannya.

"Kita negara besar, waktu salaman dengan Presiden Xi Jinping, di sana negara besar di sini juga negara besar, saya salaman juga begini," sambungnya.

Jokowi mengatakan bahwa masyarakat atau Pemerintah Indonesia tidak perlu menunduk dengan negara-negara besar. Dirinya meminta harus ada keoptimisan dengan kepala mendongak ketika bertemu atau bersalaman dengan para pemimpin negara besar.

"Dengan negara-negara besar kita juga tidak menunduk-menunduk, salaman juga begini, kita harus percaya diri dan optimis, mampu berdiri tegak dengan kepala mendongak," tandas Jokowi.

Mantan Wali Kota Solo ini meminta semua pihak harus menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia bangsa yang besar yang memiliki keinginan kuat untuk maju dengan kerja keras yang tinggi. Baca juga: Jokowi ke Relawan Nusantara Bersatu: Kita Tidak Bisa Bersaing Kalau Jalannya Masih Becek

"Menunjukkan kita bangsa besar yang benar-benar memiliki keinginan untuk jadi negara maju dengan kerja keras yang tinggi, tanpa lelah, tanpa menyerah. Jangan dikit-dikit mengeluh, jangan dikit-dikit mengeluh, bukan bangsa pekerja keras namanya. Setuju? Semuanya harus bekerja keras setuju? Semua harus bekerja keras tanpa lelah tanpa menyerah setuju?" kata Jokowi.
(kri)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2341 seconds (10.177#12.26)