Menteri ATR/BPN Pastikan Program Sertifikasi PTSL Tepat Sasaran

Jum'at, 25 November 2022 - 13:39 WIB
loading...
Menteri ATR/BPN Pastikan Program Sertifikasi PTSL Tepat Sasaran
Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto menyerahkan sertifikat tanah kepada warga Desa Maccini Baji, Gowa, Sulawesi Selatan. FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto turun langsung ke Desa Maccini Baji, Gowa, Sulawesi Selatan. Menteri Hadi langsung mendatangi rumah warga yang tanahnya sudah mengikuti program sertifikasi melalui Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

"Saya berkomunikasi dengan warga agar saya bisa mengecek langsung proses dan manfaat dari program PTSL," kata Menteri Hadi dalam keterangannya, Jumat (25/11/2022).

Dalam kesempatan berdialog dengan warga, Menteri Hadi menanyakan proses tersebut apakah mempersulit warga atau tidak, apakah sudah sesuai dengan luas dan letak bidang tanah warga, apakah ada dipungut biaya yang tidak wajar.



"Semua ini untuk mendorong percepatan program sertifikasi yang digagas oleh Presiden Jokowi. Selain itu, warga agar mendapatkan kepastian hukum atas tanah yang dimilikinya," kata Panglima TNI 2017-2021 ini.

Dijelaskan Hadi, program PTSL mendorong sertifikasi tanah secara massif dan sistematis. Selain untuk memberikan kepastian hukum untuk warga, juga untuk memudahkan warga mendapatkan akses ke lembaga-lembaga keuangan.

"Karena warga sudah memiliki aset yang disertai legalitas administrasi pertanahan," ujarnya.

Warga Desa Maccini Baji, Gowa menyambut antusias kedatangan Hadi. Selain menyambut di rumah-rumah, warga juga meminta untuk berfoto dan selfie dengan Menteri Hadi.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1079 seconds (0.1#10.140)