Kasus Dugaan Korupsi BTS, Kejagung Bicara Peluang Periksa Menkominfo

Rabu, 23 November 2022 - 15:26 WIB
loading...
Kasus Dugaan Korupsi BTS, Kejagung Bicara Peluang Periksa Menkominfo
Menkominfo Johnny G Plate. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kejaksaan Agung ( Kejagung ) sedang menangani kasus dugaan korupsi penyediaan infrastruktur Base Transceiver Station ( BTS ) 4G dan infrastruktur pendukung paket 1, 2, 3, 4, dan 5 BAKTI Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Tahun 2020-2022. Kejagung pun angkat bicara mengenai peluang memeriksa Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate.

"Belum, belum, belum sejauh itu. Kalau ada akan kami sampaikan," kata Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung I Ketut Sumedana saat ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (23/11/2022).

Dia menyampaikan, setelah kasus ini ditingkatkan ke tahap penyidikan, Kejagung fokus pemeriksaan saksi-saksi atas kasus tersebut. Ketut memastikan akan menyampaikan informasi terbaru jika ada kabar terbaru mengenai kasus ini. "Nanti kalau ada perkembangan signifikan, kita akan sampaikan," ujarnya.

Kasus Dugaan Korupsi BTS, Kejagung Bicara Peluang Periksa Menkominfo

Kapuspenkum Kejagung I Ketut Sumedana. FOTO/MPI/FELLDY UTAMA

Baca juga: Dugaan Korupsi Proyek BTS Diusut Kejagung, Ini Dalih Menkominfo

Sebelumnya, perkara ini dinaikkan dari tahap penyelidikan ke penyidikan pada Rabu (2/11/2022). Naiknya status penyelidikan ke penyidikan itu dilakukan berdasarkan pengumpulan alat bukti dan pemeriksaan terhadap 60 orang saksi.

Perkara ini mulai dibuka penyelidikannya pada September 2022. Rentang waktu peristiwa yang diselidik yaitu sejak masa pandemi Corona Virus Desease-19 (Covid-19). Diketahui pada masa itu Kominfo mengadakan proyek BTS untuk mendukung aktivitas masyarakat yang beralih ke daring.

"Tapi kenyataanya banyak keluhan. Di tingkat yang kecil enggak bisa online," kata Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus Febrie Adriansyah pada Selasa (29/9/2022).
(abd)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2726 seconds (11.210#12.26)