Kolaborasi di Tengah Pandemi Corona Diperlukan untuk Atasi Pengangguran

Rabu, 08 Juli 2020 - 20:29 WIB
loading...
Kolaborasi di Tengah Pandemi Corona Diperlukan untuk Atasi Pengangguran
Di tengah pandemi virus Corona (Covid-19) saat ini, diperlukan sejumlah kebijakan yang inovatif agar bisa mengatasi adanya pengangguran akibat pandemi. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Di tengah pandemi virus Corona (Covid-19) saat ini, diperlukan sejumlah kebijakan yang inovatif agar bisa mengatasi pengangguran akibat pandemi. Salah satunya, dengan mengintensifkan kegiatan pelatihan kerja bagi para pencari kerja melalui pelatihan berbasis kompetensi.

(Baca juga: Positif Covid-19 Naik 1.853 Kasus, Sembuh Bertambah 800 Orang)

Ketua BAZNAS (BAZIS) Provinsi DKI Jakarta, KH Ahmad Luthfi Fathullah mengatakan, pihaknya untuk merespons keadaan saat ini adalah dengan berkolaborasi bersama Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan energi Provinsi DKI Jakarta, Berupaya mennaggulangi pengangguran di wilayah DKI Jakarta.

"Kolaborasi tersebut memberikan pembekalan dan pelatihan berupa Pelatihan Tata Graha (Cleaning Service) dan Teknik Pendinginan (Air Conditioner) di Lima Kotamadya dan Kabupaten Kepulauan Seribu," kata KH Ahmad Luthfi Fathullah saat hadir memberikan sambutan dalam acara pelatihan, di Pusat Pelatihan Kerja Daerah (PPKD) Jakarta Utara, DKI Jakarta, Rabu (8/7/2020).

(Baca juga: 17 Provinsi Laporkan Penambahan Covid-19 di Bawah 10 Kasus)

Acara pelatihan dibuka langsung oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi Provinsi DKI Jakarta Andri Yansyah di Pusat Pelatihan Kerja Daerah Jakarta Utara didampingi sejumlah pejabat Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Dalam sambutannya, KH Ahmad Luthfi Fatulloh juga menyampaikan pesan kepada seluruh peserta pelatihan agar bersungguh-sungguh mengikuti pelatihan agar kelak di kemudian hari memiliki masa depan yang lebih baik.

"Hari ini kalian hadir disini mengikuti pelatihan kerja, maka mulailah dengan kesungguhan untuk belajar, kelak ilmu yang kalian dapatkan di pelatihan hari ini akan menghantarkan ke suksesesan di kemudian hari, mulailah dengan kejujuran," ucapnya.

KH Luthfi menyampaikan, tujuan dari pelatihan agar peserta pelatihan dapat memiliki keterampilan yang memadai dalam memenuhi Sumber Daya Manusia (SDM) yang siap memenuhi kebutuhan lapangan kerja untuk bidang ke tata grahaan (Cleaning Service) dan tenaga teknik di bidang pendingin ruangan (AC).

"Secara umum, Kolaborasi antara Baznas (Bazis) Provinsi DKI Jakarta dan Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Energi Provinsi DKI Jakarta hari ini dalam rangka upaya menanggulangi pengangguran di Jakarta," ucap KH Luthfi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1256 seconds (0.1#10.140)