Banyak Salah Kaprah, Ini 6 Perbedaan Negara dan Bangsa

Senin, 21 November 2022 - 04:19 WIB
loading...
A A A
Sementara bangsa didefinisikan KBBI sebagai kelompok masyarakat yang sama dalam asal keturunan, adat, bahasa serta sejarah bahkan berpemerintahan sendiri. Istilah bangsa timbul karena hakikat manusia sebagai makhluk individu sekaligus makhluk sosial menempatkan keberadaannya pada kebersamaan.

2. Perbedaan Unsur-unsur
Baik negara dan bangsa memiliki unsur-unsur tertentu yang menjadikan suatu kelompok masyarakat atau wilayah dapat dikatakan sebagai negara dan bangsa.

Unsur-unsur negara terdapat yaitu:
• Wilayah
• Rakyat
• Pemerintahan
• Pengakuan dari negara lain, sedangkan

Unsur-unsur bangsa terdapat yaitu:
• Mempunyai bahasa, struktur sosial, dan sistem politik yang dikehendaki
• Mempunyai asal-usul dalam sejarah bersama dalam suatu bentuk ikatan ataupun sentiment kolektif
• Terdapat wilayah sebagai bermukim serta mencari nafkah untuk kelangsungan hidup
• Mempunyai serta menunjukkan identitas kolektif yang telah menjadi atribut dari sebuah budaya sehingga dapat membedakannya dengan bangsa lainnya



3. Perbedaan Pembentuknya
Negara terbentuk dari sekelompok orang yang berada di suatu wilayah tertentu yang telah diatur oleh hukum dan pewmerintahan. Sedangkan, Bangsa terbentuk dari adanya keberadaan sekelompok orang yang mempunyai kesamaan seperti agama, ras, adat istiadat, dan bahasa.

4. Perbedaan Anggota
Anggota di dalam suatu negara harus mempunyai kesamaan dengan bukti identitas yang jelas. Namun anggota sebuah bangsa hanya terikat kesamaan tertentu dan tidak perlu ada bukti dokumentasi atau identitas.

5. Perbedaan Batas Wilayah
Negara memiliki batas wilayah yang jelas dan telah di atur keberadaannya. Namun bangsa mempunyai wilayah yang tidak diikat oleh kesepakatan hukum.

6. Perbedaan Sifat
Negara bersifat terikat dan memaksa, sedangkan bangsa memiliki sifat memberikan kebebasan terhadap seluruh anggota dan tidak terikat.
(Reka Rahmadhani)
(muh)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1242 seconds (0.1#10.140)