Wapres Ma'ruf Amin Pastikan Hadir di Muktamar Muhammadiyah

Selasa, 15 November 2022 - 17:33 WIB
loading...
Wapres Maruf Amin Pastikan Hadir di Muktamar Muhammadiyah
Wakil Presiden (Wapres) Maruf Amin menerima kunjungan Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah dan Aisyiyah di kediamannya Jalan Diponegoro No 2, Jakarta Pusat, Selasa (15/11/2022). FOTO/BIRO PERS SETWAPRES
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden ( Wapres) Ma'ruf Amin menerima kunjungan Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah dan Aisyiyah di kediamannya Jalan Diponegoro No 2, Jakarta Pusat, Selasa (15/11/2022). Kedatangan rombongan yang dipimpin Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir tersebut mengundang Wapres hadir dalam Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah di Kota Solo, Jawa Tengah.

"Para pimpinan Muhammadiyah datang khusus meminta kepada Wakil Presiden untuk menutup acara Muktamar Muhammadiyah pada tanggal 20 di Solo," kata Juru Bicara Wapres, Masduki Baidlowi, Selasa (15/11/2022).

Dalam pertemuan itu, pimpinan Muhammadiyah melaporkan program besar yang akan dibahas selama 2 hari muktamar di Solo.Antara lain mengenai program yang sudah dijalankan selama 25 tahun, baik di bidang keislaman, sosial, kesehatan, dan pendidikan.

Baca juga: Jadwal Lengkap Muktamar Muhammadiyah di Solo

Kemudian Muktamar Muhammadiyah juga akan membicarakan persoalan yang berhubungan dengan risalah Islam berkemajuan. Untuk diketahui, Risalah Islam Berkemajuan merupakan sebuah gagasan besar yang pernah dicetuskan oleh almarhum Buya Syafii Maarif.

"Jadi Islam yang di satu pihak berangkulan dalam konteks paham kebangsaan dan pihak yang lain bagaimana supaya umat Islam di Indonesia itu berkeadaban maju, bisa berkompetisi dengan umat-umat yang lain secara damai. Jadi inti pikiran-pikiran itu yang akan dibahas dan akan dielaborasi lebih jauh," katanya.

Sementara pimpinan Aisyiah juga melaporkan tentang program-program gerakan perempuan dan emansipasi dari seluruh kehidupan perempuan, tidak sebatas elite di kota-kota saja. "Tapi bagaimana gerakan perempuan itu masif sampai mulai dari kota sampai ke desa untuk seluruh Indonesia. Jadi rakyat perempuan Indonesia itu akan digerakkan oleh Aisyah, (Wapres) kira itu bagus," katanya.

Baca juga: 3 Juta Orang Bakal Hadiri Muktamar Muhammadiyah, Panitia Minta Maaf Jika Kota Solo Macet

Dalam pertemuan itu, Haedar menyampaikan kepada wapres selayang pandang tentang Muktamar Muhammadiyah yang bertema Memajukan Indonesia, Mencerahkan Semesta serta Muktamar Aisyiyah dengan tema Perempuan Berkemajuan Mencerahkan Peradaban Bangsa.

Haedar memastikan Wapres Ma'ruf Amin hadir menutup prosesi Muktamar Muhammadiyah-Aisyiyah di Edutorium Universitas Muhammadiyah Surakarta pada Minggu, 20 November 2022.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1809 seconds (0.1#10.140)