Survei LSN: Elektabilitas Partai Perindo Bersaing dengan Partai Parlemen

Jum'at, 04 November 2022 - 16:59 WIB
loading...
Survei LSN: Elektabilitas Partai Perindo Bersaing dengan Partai Parlemen
Hasil survei Lembaga Survei Nasional (LSN) menyatakan Partai Persatuan Indonesia (Perindo) mulai bersaing dengan sejumlah partai parlemen. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Hasil survei Lembaga Survei Nasional (LSN) menyatakan Partai Persatuan Indonesia ( Perindo ) mulai bersaing dengan sejumlah partai parlemen. Elektabilitas partai besutan Ketua Umum Hary Tanoesoedibjo (HT) ini mengungguli Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang mendapat kursi di DPR RI.

Dalam survei ini Partai Perindo berada di urutan kedelapan dengan dengan suara sebesar 4,1% pemilih. Sementara, PAN dan PPP hanya menduduki peringkat kesembilan dan kesepuluhan dengan perolehan suara masing-masing 3,2% dan 1,9%.

Sementara, Partai Nasdem meraih 5,4% disusul dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sebesar 6,9% dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) 7,2%. "Partai Perindo 4,1% disusul PAN 3,2% dan PPP 1,9% dan 3,4 memilih delapan partai politik lainnya," kata Direktur Eksekutif LSN Gema Nusantara Bakry, Jumat (4/11/2022).



Sementara, PDIP masih kokoh memuncaki perolehan elektabilitas partai dengan 21,9% pemilih mengungguli Partai Gerindra dengan perolehan suara 16,8%. Kemudian di peringkat ketiga dan keempat ditempati Partai Demokrat sebesar 11,6% dan 9,5% memilih Partai Golkar. "Berdasarkan temuan LSN sebanyak 21,9% responden mengaku akan memilih PDIP, kemudian 16,8% menjatuhkan pilihan pada Partai Gerindra," tuturnya.



Sebagai informasi, survei LSN ini dilaksanakan pada 29 Oktober-2 November 2022 yang dilakukan di 34 provinsi yang berada di seluruh Indonesia. Survei ini dilaksankana terhadap sebanyak 1.230 responden WNI yang telah berusia 17 tahun (memiliki KTP) dan terdistribusi 50% laki-laki dan 50% perempuan.

Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara melalui telepon (telesurvei) yang dilakukan oleh tenaga terlatih dengan bantuan atau pedoman kuesioner. Adapun margin of error pada survei ini dinilai berada pada angka 2,79% dengan tingkat kepercayaan sebesar 95%.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1262 seconds (0.1#10.140)