Pengamat: Baliho Bertuliskan Petugas Partai Harus Nurut Upaya PDIP Naikkan Nama Ganjar

Rabu, 02 November 2022 - 19:14 WIB
loading...
Pengamat: Baliho Bertuliskan Petugas Partai Harus Nurut Upaya PDIP Naikkan Nama Ganjar
Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah menilai kemunculan baliho Ganjar sebagai upaya PDIP menaikkan daya tawar Gubernur Jateng di Pilpres 2024. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pascapemberian sanksi tertulis terhadap Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pada 24 Oktober 2022, muncul sejumlah baliho bergambar politikus PDIP tersebut di sejumlah titik di Jakarta.

Baliho yang memuat foto Ganjar Pranowo dengan tulisan “Petugas Partai Harus Nurut. Saya Setuju” tersebar di sejumlah lokasi yakni, di kawasan Senen, Gunung Sahari, Kemayoran, Jakarta Pusat, kemudian Setiabudi Kuningan, Jakarta Selatan dan Sunter Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah, kemunculan baliho Ganjar ini sejalan dengan manuver politiknya selama ini. Situasi ini justru semakin menegaskan jika drama politik di PDI Perjuangan adalah bagian dari propaganda untuk meninggikan daya tawar Ganjar sebagai kandidat calon presiden (capres) dari PDIP.



“Artinya, Ganjar sengaja diperankan sebagai kader yang tertindas untuk kemudian mendulang simpati. Jadi, ini satu rangkaian panjang yang memang sejak awal PDIP telah membangun nama besar Ganjar dengan berbagai opini,” kata Dedi, Rabu (2/11/2022).

Kuotasi “Petugas Partai Harus Nurut” berasal dari pernyataan Ganjar Pranowo dalam wawancara dengan salah satu media nasional pada 31 Mei 2021. Pernyataan Ganjar itu dalam konteks menanggapi pidato Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri sebelumnya yang menyinggung soal kesetiaan kader partai. Dalam pidatonya pada 30 Mei 2021. Megawati juga mempersilakan kadernya keluar jika tidak mau menjadi petugas partai.



Ada banyak faktor mengapa PDIP memilih jalur emosional dalam mempromosikan Ganjar. Pertama, selama memimpin Jawa Tengah, Ganjar tidak memiliki gagasan dan implementasi program unggul, sehingga jika mereka menyasar soal prestasi dalam propaganda politik, akan jauh tertinggal dengan Anies Baswedan yang saat ini cukup kuat membangun rivalitas.

Kedua, Ganjar adalah tokoh pilihan Jokowi sehingga sangat mungkin PDIP merestui pilihan itu, meskipun harus mengorbankan nama baik Puan Maharani. Tetapi ini politik, apa saja bisa terjadi. “Hematnya, PDI Perjuangan dan Ganjar, sama-sama sedang membangun narasi untuk menyiapkan Ganjar di Pilpres 2024. Hanya saja cara yang dipakai sama persis dengan apa yang dilakukan pada Jokowi, mengambil sisi remeh, soal personal, ketertindasan yang direkayasa,” ujarnya.

Dinamika politik berjalan dinamis, ketika berbagai lembaga survei publik merilis hasil jajak pendapat publiknya terkait elektabilitas tokoh-tokoh yang dianggap layak maju menjadi calon pemimpin nasional pada Pemilu 2024. Ganjar Pranowo adalah satu dari sekian banyak figur yang kerap mendapatkan rating elektabilitas tinggi di berbagai hasil survei publik. Peta inilah yang kemudian dinilai banyak kalangan menjadi salah satu sumber “gesekan” internal antara Ganjar Pranowo dengan PDIP.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1660 seconds (0.1#10.140)