Sumpah Pemuda dan SDM Berjiwa Berdikari

Sabtu, 29 Oktober 2022 - 11:24 WIB
loading...
A A A
Para pemuda sudah seharusnya menjunjung kewajiban sejarah dan tradisi kecendekiawanan. Perlu mencetak sosok pemuda cendekiawan yang sebanyak-banyaknya yang mampu berperan sebagai intelektual publik.

Menurut definisi New York Times, intelektual publik adalah seseorang yang memiliki pengetahuan (knowledge), otoritas (authority), tentang isu-isu aktual (issues of the day), dan memiliki kemampuan menyampaikannya kepada publik.

Meminjam istilah Presiden ketiga RI BJ Habibie, sosok intelektual publik tersebut pada hakekatnya adalah SDM bangsa yang terbarukan dan unggul dalam pofesinya.Mereka itu adalah sosok-sosok profesional nonpartai, tetapi memiliki visi, kompetensi dan karya inovasi yang sangat berguna bagi pembangunan.

Pemerintah perlu membangun platform gotong royong para intelektual publik yang sesuai dengan pembangunan manusia Indonesia khususnya membentuk SDM terbarukan.

Platform gotong royong intelektual publik diharapkan bisa menjadi ujung tombak untuk mendongkrak indeks daya saing SDM bangsa. Masyarakat prihatin melihat peringkat Global Talent Competitiveness Index (GTCI) bangsa Indonesia menduduki urutan ke-77 dari total 119 negara di dunia.

Dalam mengukur indeks GTCI, lima pilar yang digunakan antara lain enable, atau keberagaman dalam pengetahuan, pengalaman, dan cara menyelesaikan masalah.

Pilar kedua dan ketiga adalah kemampuan menarik sumber daya asing, dan kemampuan untuk meningkatkan kompetensi diri melalui pendidikan dan pelatihan. Sementara dua pilar lainnya yang digunakan sebagai penilaian adalah pendidikan vokasional dan teknikal serta pengetahuan global.

Saat ini, semua bangsa membutuhkan tim tangguh di semua bidang untuk melahirkan energi kolektif yang luar biasa. Tim tangguh itu bisa membantu menciptakan bangsa yang berdikari. Dalam tataran korporasi di Amerika Serikat tim super di atas biasa disebut dengan istilahskunk works. Tim itu ditugaskan untuk menciptakan efektivitas organisasi dan mengembangkan proyek terobosan yang bisa menjadi motifasi kebangsaan.
(ynt)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1039 seconds (0.1#10.140)