BIN Launching Porbin, Wadah Pembinaan Atlet Prestasi Nasional

Kamis, 27 Oktober 2022 - 21:11 WIB
loading...
BIN Launching Porbin, Wadah Pembinaan Atlet Prestasi Nasional
BIN melaunching lembaga baru, Persatuan Olahraga BIN atau PORBIN. Lembaga yang digagas Kepala BIN Jend Pol (Purn) Budi Gunawan ini punya segudang prestasi. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Badan Intelijen Negara (BIN) melaunching lembaga baru yakni Persatuan Olahraga BIN atau PORBIN. Lembaga yang digagas oleh Kepala BIN Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan ini punya segudang prestasi yang ditorehkan oleh atlet-atletnya.

Launching PORBIN digelar dalam rangkaian acara Wisuda Angkatan XV, Pasca Sarjana MKI Angkatan VII, MTIM Angkatan 1, dan Dies Natalies XIX Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) di Kampus Sentul, Kamis (27/10/2022).

"Pada kesempatan yang sangat membanggakan ini, pada tahun ini juga Badan Intelijen Negara juga mulai memberikan perhatian khusus kepada personel BIN, taruna-taruni Badan Intelijen Negara yang memilik talenta-talenta di bidang olahraga," ucap Kepala BIN Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan.

"Untuk dapat terus meningkatkan prestasinya di tingkat nasional, sebagai salah satu bentuk kontribusi atlet kami membentuk persatuan olahraga BIN, yang terdiri dalam 8 cabang olahraga," tambahnya.

Baca juga: Survei LPI Ungkap Kepala BIN Budi Gunawan Tokoh Paling Berpengaruh

BIN memiliki 8 cabang olahraga profesional. Sejumlah atlet dan pelatih nasional bergabung di dalamnya dan bergabung dengan para talenta berbakat taruna-taruni (mahasiswa) STIN. Kedelapan klub itu adalah BIN Running Club, BIN Volleyball Club, BIN Weightlifting Club, Waskita Swimming Club, BIN Tennis Club, Velox et Exactus Shooting Club, dan Satlasus Tarung Derajat STIN, dan Esport.

Kepala BIN mengatakan, seluruh cabang olahraga di PORBIN dikembangkan dengan profesional dengan diisi pelatih yang punya kapasitas mumpuni. Sehingga, talenta terbaik di BIN dapat berkembang dan membawa nama harus bangsa Indonesia terutama taruna-taruni STIN.

"Semua cabang yang dikembangkan di BIN telah memiliki atlet dan pelatih profesional. Kita menggalang potensi atlet dan pelatih terbaik di tingkat nasional untuk terlibat menciptakan ekosistem pengembangan olahraga prestasi di BIN sehingga potensi talenta-talenta terbaik di lembaga ini bisa dikembangkan, terutama di kalangan taruna-taruni STIN. Alhamdulillah, kita melihat peluang besar untuk turut mengharumkan nama Bangsa di kancah internasional melalui jalur olahraga ini," papar Kepala BIN.

Peluang itu memang terbuka, sebab meski belum berjalan lama, klub-klub olahraga di lingkungan BIN sudah banyak menunjukkan prestasi yang membanggakan. Atlet BIN Running Club, Odekta Elvina Naibaho misalnya, dua pekan lalu kembali menjuarai kategori half marathon (21KM) di ajang Jakarta Marathon 2022.

Odekta yang merupakan personel D2 BIN ini sudah langganan juara berbagai event nasional bahkan internasional. Pada SEA Games Vietnam 2022 lalu, Odekta mempersembahkan medali emas.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.4996 seconds (11.97#12.26)