Survei LPI: Kepala BIN Budi Gunawan Tokoh Paling Berpengaruh

Sabtu, 17 September 2022 - 20:11 WIB
loading...
Survei LPI: Kepala BIN Budi Gunawan Tokoh Paling Berpengaruh
Survei Lembaga Pemilih Indonesia (LPI) menyebut Kepala BIN Jenderal Polisi (Purn) Budi Gunawan sebagai tokoh paling berpengaruh. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Hasil Survei terbaru Lembaga Pemilih Indonesia (LPI) bekerja sama dengan Indonesian Publik Institute (IPI), dan Indonesian Club (IC) menyatakan, Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal Polisi (Purn) Budi Gunawan merupakan tokoh paling berpengaruh di antara para menteri dan kepala lembaga negara.

Survei ini dilakukan sejak 30 Agustus sampai 12 September 2022 terhadap kelas menengah intelektual, yang terdiri dari para dosen/pakar, peneliti, anggota LSM/NGO dan aktivis/seniman di 34 provinsi.

Survei ini bermaksud mengukur pandangan kelas menengah intelektual terhadap kinerja 45 pimpinan lembaga negara dan para menteri dalam Kabinet Indonesia Maju selama semester I Tahun 2022. Lima hal yang diukur dalam survei ini adalah popularitas, pengaruh, kontroversial, keunikan, relevansi dan kontribusi pemikiran.

Baca juga: BIN Resmikan Fasilitas Canggih Medical Intelijen hingga Smart Campus STIN

Teknik sampling yang digunakan pada riset ini adalah purpose sampling di mana subjek yang dituju sebagai sampel memiliki kriteria khusus seperti profesi dan bidang keilmuan dengan jumlah sampel sebayak 800 responden dengan margin of error sebesar 3,5% dan tingkat kepercayaan 95%.

"Dari 45 nama tersebut, ada 10 menteri atau kepala lembaga negara yang masuk kategori tokoh paling berpengaruh dan di nomor satu adalah Kepala BIN Pak Budi Gunawan dengan skor nilai 2,39 dari skala 0 sampai 4," ujar Pendiri Lembaga Pemilih Indonesia Boni Hargens terkait hasil survei bertajuk 'Tokoh Paling Berpengaruh Selama Semester 1 Tahun 2022 Pemerintahan Joko Widodo menurut Pandangan Kelas Menengah, Sabtu (17/9/2022).

Baca juga: Soal RKUHP, Kepala BIN: Hukum Kolonial Perlu Segera Diganti Produk Hukum Nasional

Selain Budi Gunawan, tokoh berpengaruh lainnya adalah Panglima TNI Jenderal Andhika Perkasa, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, Menko Polhukam Mahfud MD, Menteri BUMN Erick Tohir, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya, dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian.

Boni menegaskan 10 tokoh yang terbaik ini adalah mereka yang dinilai kalangan menengah intelektual Indonesia sebagai orang-orang yang menjadi tulang punggung Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam pelaksanaan pembangunan selama semester awal Tahun Kerja 2022.

“Saya kira publik melihat sendiri bagaimana para tokoh ini bekerja dan berdedikasi selama ini. Wajar jika hasil survei ini memberikan affirmasi yang sepadan terhadap mereka”, ujar doktor lulusan terbaik dari Universitas Walden, Amerika Serikat itu.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1843 seconds (10.177#12.26)