Pertanian Dinilai Jadi Kegiatan yang Tahan di Tengah Pandemi Corona

Senin, 06 Juli 2020 - 20:01 WIB
loading...
A A A
Pengadaan pupuk juga menjadi persoalan karena untuk mendapatkannya, harus melakukan pemesanan terlebih dahulu. "Kadangkala, antara pemesanan dan barangnya datang, waktunya lama sekali," ucap Pak Sana.

Selain mengunjungi petani lahan terbatas di Pamulang, Ria Dahlia yang juga menjadi salah satu bakal calon Walikota Tangerang Selatan ini berkunjung ke petani Aquaponic yang melakukan pengembangan pertanian dan perikanan di lahan terbatas.

Petani yang berhasil mengembangkan pola ini adalah Ahmad Khoiruddin. Dalam kunjungan ke pengembangan pertanian dan perikanan Aquaponic, Khoiruddin menjelaskan, bahwa konsep pertanian dan perikanan ini dikembangkan dalam satu lahan dan tanpa menggunakan bahan kimia.

"Kita kembangkan sayuran dengan cara tanam khusus dengan kotak ukuran 80 x 80 cm atau paralon besar yang disebut modul sebagai wadah untuk menanam berbagai jenis sayuran, lalu di bawahnya kita kembangkan perikanan," katanya.

Dengan pola ini, Khoiruddin mampu memanen sayuran sebagai hasil pertanian sekaligus memanen beberapa jenis ikan. Dengan pola ini, hasilnya cukup menguntungkan. Selain untuk konsumsi keluarga, hasilnya juga bisa dipasarkan dan menjadi sumber penghasilan.

Dari kunjungan di dua lokasi ini, Ria Dahlia menegaskan, pertanian dan perikanan di lahan terbatas bisa menjadi sektor strategis yang bisa dikembangkan dalam situasi pandemi dan situasi krisis yang bisa terjadi di masyarakat.

"Nilai yang paling strategis dari sektor ini adalah memperkuat masyarakat untuk mampu bertahan hidup dengan ketersediaan bahan pangan. Di samping juga bisa menjadi sumber penghasilan baru," katanya.

Persoalannya, ada sebagian petani yang memiliki modal kecil dan lahan yang dikelola terbatas. Sehingga, hasil yang dicapai kurang maksimal. Karena itu menurut Ria, saat ini harus dirancang program yang mampu mendukung ketahanan pangan dan kemampuan masyarakat petani untuk bertahan hidup. "Inilah yang akan saya perjuangkan," tegasnya.

Ketika ditanya bentuk konkret dari program yang akan ditawarkan, Ria Dahlia mengungkapkan, selain lahan, ada program konkret yang Insya Allah segera kita susun untuk mendukung pertanian dan perikanan lahan terbatas ini. Diantaranya adalah memberikan pengetahuan dan keterampilan pengelolaan tanaman produktif di lahan terbatas dengan masa tanam yang lebih pendek. Harapannya, agar hasil pertanian atau perikanannya lebih bagus dan memiliki nilai ekonomis yang tinggi," katanya.

Selain itu, program lain yang juga penting untuk diperjuangkan adalah pengelolaan hasil pangan. Terutama, bagaimana meningkatkan hasil pemasaran pertanian dan perikanan ini secara maksimal.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1821 seconds (0.1#10.140)