Elektabilitas Perindo Tembus 4,5%, Pengamat: Program Populis dan Salurkan Aspirasi Rakyat

Selasa, 25 Oktober 2022 - 17:25 WIB
loading...
Elektabilitas Perindo Tembus 4,5%, Pengamat: Program Populis dan Salurkan Aspirasi Rakyat
Elektabilitas Partai Perindo tembus 4,5% menurut Survei terbaru Litbang Kompas. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Elektabilitas Partai Persatuan Indonesia ( Perindo ) tembus 4,5% menurut survei terbaru Litbang Kompas. Pengamat politik Citra Institute Yusa' Farchan menilai hasil survei itu menunjukkan kesiapan partai pimpinan Hary Tanoesoedibjo tersebut duduk di Senayan pada Pemilu 2024.

"Elektabilitas 4,5% di survei Litbang Kompas menunjukkan kesiapan Partai Perindo untuk lolos ke Senayan," kata Yusa' di Jakarta, Selasa (25/10/2022).

Yusa' menjelaskan banyak variabel mengapa elektabilitas Partai Perindo naik secara progresif. Namun, ada dua hal penting yang patut dicatat, sehingga tingkat keterpilihan Partai Perindo melesat tajam.



Pertama, karena program-program populis Partai Perindo, seperti kepedulian terhadap ekonomi rakyat kecil melalui aksi nyata Partai Perindo berupa Gerobak Perindo dan proteksi bantuan sosial. Selain itu, advokasi korban kekerasan seksual terdiseminasi dengan baik dilakukan Partai Perindo (RPA Perindo) kepada perempuan dan anak.

Menurutnya, parpol berfungsi sebagai institusi yang menjadi pilar utama sistem demokrasi perwakilan. "Artinya parpol berperan penting sebagai jembatan penghubung dengan rakyat," tegasnya.

Kedua, fenomena party switching juga sedikit banyak mempengaruhi pergerakan suara pemilih dan fluktuasi elektabilitas partai-partai. Menurutnya, party switching muncul dan tertangkap radar survei ketika tahapan pemilu sudah dilakukan.

Umumnya, pemilih partai tertentu bergeser atau memilih parpol lain, karena kurang merasa terwakili dengan sikap politik partai sebelumnya tersebut. "Nah, parpol nonparlemen, seperti Partai Perindo, yang belum punya kursi di Senayan berpotensi dilirik orang, karena dianggap masih fresh dan bisa menyalurkan aspirasi masyarakat," tegas Yusa'.

Baca juga: Survei Terbaru Litbang Kompas: Elektabilitas Perindo Tembus Parliamentary Threshold

Untuk diketahui, berdasarkan survei terbaru Litbang Kompas pada Oktober 2022, elektabilitas Partai Perindo tembus 4,5% melampaui partai politik lain yang duduk di Senayan. Bila melihat survei tersebut, itu berarti Partai Perindo telah melampaui ambang batas parlemen atau (parliamentary threshold/PT) yang sebesar 4%.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1683 seconds (0.1#10.140)