Prajurit TNI AL Juara Karate, KSAL: Bukti Komitmen Kami Tingkatkan SDM

Sabtu, 22 Oktober 2022 - 07:12 WIB
loading...
Prajurit TNI AL Juara Karate, KSAL: Bukti Komitmen Kami Tingkatkan SDM
Serda Jas/W Bella Aprillia menjuarai Kejuaraan Nasional Karate Berbasis Madrasah Bandung Karate Club (BKC) 2022. Foto/dispenal
A A A
JAKARTA - TNI AL patut berbangga. Anggota Korps Wanita Angkatan Laut ( Kowal ) Serda Jas/W Bella Aprillia menyabet medali emas dalam Kejuaraan Nasional Karate Berbasis Madrasah Bandung Karate Club (BKC) 2022. Serda Bella yang kesehariannya berdinas di Disminpers Korps Marinir (Kormar), berhasil mengalahkan Syifa dari Kontingen Jabar A di Bandung, Jawa Barat, Jumat (14/10/2022) kemarin.

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono mengaku bangga atas prestasi yang ditorehkan anggota Kowal tersebut. Ia menyampaikan kemenangan Serda Bella ini sebagai bukti komitmen TNI Angkatan Laut dalam meningkatkan kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) di lingkungan prajurit TNI AL.

"Kami melakukan pembinaan personel yang aktif dalam berbagai cabang olahraga untuk berprestasi sesuai keahliannya. komitmen kami ditunjukkan dengan membangun berbagai fasilitas personel di seluruh Satuan TNI AL, berupa lapangan olahraga, stadion, kolam renang dan fasilitas penunjang lainnya," terang Yudo melalui keterangan resminya, Sabtu (22/10/2022).



Bagi Yudo, kemampuan bela diri merupakan modal utama prajurit yang harus terus didukung untuk dikembangkan. Dia pun menyampaikan pengasahan skill bela diri juga dilakukan untuk menguatkan mental dan fisik para prajurit.

"Bela diri bagi prajurit bertujuan untuk membina mental dan fisik sekaligus mengasah kemampuan beladiri yang unggul dan profesional serta tangguh dalam menghadapi segala ancaman," ujar Kasal.

Di sisi lain, Sekretaris Jenderal Kementerian Pertahanan Republik Indonesia (Sekjen Kemhan RI) Marsdya TNI Donny Ermawan Taufanto mengungkapkan pembinaan Olahraga Karate merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kesadaran Bela Negara.

"Pembinaan yang dilakukan oleh Bandung Karate Club akan menumbuhkan rasa cinta pada tanah air Indonesia, meningkatkan kesadaran berbangsa dan bernegara, memupuk rasa kesetiaan pada Pancasila sebagai ideologi negara, meningkatkan kesadaran rela berkorban untuk bangsa dan negara, serta yang sangat signifikan adalah meningkatkan kemampuan awal bela negara," kata Marsdya Donny.

Marsdya TNI Donny yang membuka kompetisi Karate tersebut selaku Ketua Dewan Pembina BKC, juga mengatakan, satu pelajaran yang dapat di petik dari Kejurnas ini, khususnya bagi seluruh peserta adalah siapapun yang paling siap, pada akhirnya orang itulah yang bisa mencapai prestasi optimal.

"Hanya atlet yang berlatih dengan keras dan disiplin tinggi serta ditangani secara profesional dan berdedikasi tinggilah yang akan tampil sebagai juara," tegas Marsdya Donny.



Untuk diketahui, kompetisi Kejuaraan Nasional Karate Berbasis Madrasah Bandung Karate Club (BKC) diselenggarakan di Stadion Si Jalak Harupat Bandung. Serda Bella pun mengungkapkan rasa bersyukur dan terima kasih kepada Allah SWT atas perolehan medali emasnya.

"Besar harapan kami semoga kejuaraan ini adalah awal dari prestasi kami kedepannya agar dapat lebih baik lagi mengharumkan Indonesia, TNI AL, Marinir dan Kowal di tingkat Nasional sampai dengan Internasional," kata Bella.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2545 seconds (0.1#10.140)