Ganjar Nyatakan Siap Nyapres, Hasto: Tak Langgar Aturan

Rabu, 19 Oktober 2022 - 21:17 WIB
loading...
Ganjar Nyatakan Siap Nyapres, Hasto: Tak Langgar Aturan
Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto merespons pernyataan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang menyatakan siap untuk maju sebagai calon presiden (Capres) 2024. Foto: MPI
A A A
JAKARTA - Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto merespons pernyataan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang menyatakan siap untuk maju sebagai calon presiden (Capres) 2024. Menurut Hasto, pernyataan Ganjar Pranowo itu tidak melanggar aturan.

"Untuk bangsa dan negara itu semua menyatakan siap seluruh kader partai, karena itulah fungsi mengapa kita punya disiplin kepartaian," ujar Hasto Kristiyanto di Sekolah Partai DPP PDIP, Jakarta Selatan, Rabu (19/10/2022).

Dia menilai pernyataan Ganjar Pranowo itu masih dalam konteks 'kalau'. Dia berpendapat bahwa jawaban Ganjar Pranowo dalam pernyataannya cukup jelas dan tak ada yang dilanggar.





"Kalau saya lihat dari jawaban Pak Ganjar, kan jelas nih, 'kalau untuk bangsa dan negara, ya semua harus siap'," tutur Hasto.

Lebih lanjut dia menuturkan, pernyataan Ganjar merujuk pada kader yang mesti turun ke masyarakat untuk mengejar prestasi. Kata Hasto, sosok capres dan cawapres diserahkan sepenuhnya kepada Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Pak Ganjar kan bicara kalau ditugaskan. Ya kalau. Dalam konteks seperti ini kita kan berbicara bahwa skala prioritas saat ini semua kader partai turun ke bawah untuk mengejar prestasi yang setingg-tingginya di tengah rakyat," ucapnya.

Sekadar diketahui sebelumnya, Ganjar akhirnya buka suara perihal sikapnya dalam Pilpres 2024. Di sejumlah survei, nama Ganjar mencuat sebagai capres dengan menempati peringkat tiga besar di atas Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Ganjar mengaku siap jika dirinya diusung sebagai capres 2024. "Untuk bangsa dan negara ini apa sih yang kita tidak siap?" kata Ganjar.

Adapun deklarasi dukungan terhadap Ganjar sudah meruak di sejumlah internal partai politik. Di antaranya Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Amanat Nasional (PAN). Bahkan, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) secara eksplisit menjagokan Ganjar sebagai capres 2024.

"Ya yang mendeklarasikan dukungan adalah partai-partai itu, saya tidak tahu apakah partai cukup percaya dengan saya," imbuh Ganjar.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1456 seconds (0.1#10.140)