Menteri Agama dari Kalangan Militer, Nomor 3 Pernah Menjabat Wakil Panglima TNI

Selasa, 18 Oktober 2022 - 05:39 WIB
loading...
A A A
3. Jenderal (Purn) Fachrul Razi
Fachrul Razi ditunjuk menjadi Menteri Agama pada Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024. Penunjukan Fachrul sebagai Menag diumumkan Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta pada Rabu (23/10/2019).

Semasa aktif di militer, Fachrul memiliki pengalaman di bidang infanteri sebagai perwira TNI Angkatan Darat dengan jabatan terakhir sebagai Wakil Panglima TNI. Fachrul juga menjadi orang dengan pangkat militer tertinggi yang pernah memangku jabatan Menteri Agama.

Menteri Agama dari Kalangan Militer, Nomor 3 Pernah Menjabat Wakil Panglima TNI


Sejumlah posisi di militer pernah dipegang oleh jebolan Akademi Militer tahun 1970 itu. Mulai dari Komandan Brigade Infanteri Lintas Udara 17 Kujang 1 Kostrad, Wakil Asisten Operasi KASAD, hingga Kepala Staf Daerah Militer VII/Wirabuana dan Gubernur Akademi Militer.

Selain itu, ia juga pernah menjabat sebagai Asisten Operasi KASUM ABRI, Kepala Staf Umum ABRI, hingga Sekjen Departemen Pertahanan. Pada saat aktif di militer, Fachrul pernah menjadi komandan Kontingen Garuda IX/2 yang ditugaskan ke Iran-Irak di bawah misi UNIIMOG. Dia juga pernah menjadi Gubernur Akademi Militer pada 1996-1997.

Tahun 1999, Fachrul diangkat menjadi Wakil Panglima TNI mendampingi Laksamana Widodo Adi Sutjipto. Namun, Presiden Abdurrahman Wahid kemudian meminta posisi Wakil Penglima TNI dihapus. Setahun kemudian tepatnya tahun 2000, Fachrul dicopot dari jabatannya.

Fachrul menduduki posisi Menteri Agama terbilang singkat hanya satu tahun. Ia terkena reshuffle kabinet. Posisinya kemudian digantikan oleh Yaqut Cholil Qoumas pada tanggal 23 Desember 2020.
(kri)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1222 seconds (0.1#10.140)