Spesifikasi dan Persenjataan KRI Ajak-653 Bikin Ngeri! Berikut Rinciannya

Senin, 03 Oktober 2022 - 06:20 WIB
loading...
Spesifikasi dan Persenjataan KRI Ajak-653 Bikin Ngeri! Berikut Rinciannya
Spesifikasi dan persenjataan yang ada di KRI Ajak-653 cukup memberi ngeri musuh. Pasalnya, KRI Ajak-653 ini sudah di-upgrade dan telah menyelesaikan uji tembak. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Spesifikasi dan persenjataan yang ada di KRI Ajak-653 dinilai cukup memberi ngeri musuh. Pasalnya, KRI Ajak-653 ini sudah di-upgrade dan telah menyelesaikan uji tembak.

Di mana TNI AL bersama PT Len telah menggelar uji tembak meriam 57 mm dan 40 mm KRI Ajak-653. Uji tembak dilakukan dengan menggunakan remote Combat Management System (CMS) di Perairan Masalembu, Jawa Timur, beberapa waktu lalu.

KRI Ajak-653 telah melalui pemeliharaan depo (hardepo) atau pemeliharaan perbaikan kapal secara menyeluruh pada Desember 2021.

Baca juga: Mahal, Prabowo Akui Investasi Alutsista Dilema buat Pemerintah

Pada kapal telah dilakukan upgrade hardware dan software CMS Mandhala, serta integrasinya dengan sistem persenjataan, radar, dan sensor-sensor kapal perang.

Setelah di-upgrade, KRI Ajak-653 kini sudah dilengkapi dengan combat system buatan Len yang terintegrasi dengan senjata meriam 57 mm dan 40 mm, radar navigasi, radar surveillance, sensor (electro-optical targeting system) EOTS, gyro vertical, speedlog, hingga sensor arah angin.

Direktur Bisnis dan Kerja sama Len, Wahyu Sofiadi mengatakan, uji tembak di Masalembu pada awal Desember berjalan baik. "CMS Mandhala pertama kali digelar di KRI Ajak pada tahun 2014," kata Wahyu.

"Sekarang, selain upgrade CMS dan integrasinya dengan sensor dan sistem senjata, Len juga melakukan perbaikan senjata meriam 57 mm, 40 mm, 20 mm, perbaikan radar surveillance, perbaikan dome sonar, dan integrasi pengadaan EOTS," tambahnya.

CMS merupakan brainware yang berfungsi melakukan pengolahan data dari berbagai sensor menjadi informasi navigasi, potensi ancaman, serta reaksi yang dapat dilakukan untuk melumpuhkan ancaman tersebut.

CMS juga dapat memberikan visualisasi menyeluruh terhadap situasi taktis pertempuran, menyediakan sarana untuk melakukan reaksi secara efektif dan efisien melalui sistem persenjataan yang dimiliki.

KRI Ajak-653 merupakan jenis Kapal Cepat Torpedo (KCT) yang bertugas sebagai elemen pemukul musuh, baik di permukaan maupun di bawah permukaan (anti submarine warfare), termasuk sebagai kapal pendeteksi anti-kapal selam.

KRI Ajak-653 adalah kapal perang jenis patroli Kelas Andau milik TNI AL selain KRI Singa-651. Pada tahun 1989, KRI yang sebagian lambung kapal dan peralatannya dibuat di Lurssen Jerman ini masuk sebagai bagian dari Satuan Kapal Cepat Armada Timur TNI-AL, Surabaya, dan dipasang di PT PAL.

KRI Ajak memiliki panjang 58,1 meter, lebar 7,6 meter, draught 2,95 meter, memiliki bobot 445 ton pada beban penuh serta memiliki kecepatan maksimal 27 knot dengan daya jelajah 2.200 mil.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1405 seconds (0.1#10.140)