Mahal, Prabowo Akui Investasi Alutsista Dilema buat Pemerintah

Kamis, 22 April 2021 - 18:43 WIB
loading...
Mahal, Prabowo Akui Investasi Alutsista Dilema buat Pemerintah
Kebutuhan anggaran yang besar untuk memenuhi alutista pertahanan negara diakui Menhan Prabowo Subianto menjadi dilema pemerintah. Foto: SINDOnews/Miftahul Chusna
A A A
JAKARTA - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto mengungapkan mahalnya alat-alat utama sistem senjata (Alutsista). Itu sebabnya pemerintah kerap dihadapkan dengan dilema dalam penggunaan anggaran. Pemerintah ”dipaksa” memilih satu di antara pilihan kesejahteraan atau menjaga pertahanan negara .

"Alutsista di bidang pertahanan cukup mahal, bahkan sangat mahal. Oleh karena itu pimpinan negara selalu dihadapkan dengan dilema, harus mengutamakan pembangunan kesejateraan atau menjaga kemamouan pertahanan supaya kedaulatan kita tidak diganggu," tutur Prabowo saat konferensi pers update pencarian KRI Nanggala-402, Kamis (24/4/2021).



Dia menjelaskan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun telah memintanya menyusun masterplan di bidang pertahanan untuk investasi alutsista. Masterplan itu berlaku hingga 25 Tahun mendatang.

"Kita akan investasi lebih besar tanpa memengaruhi usaha pembangunan kesejateraan. Kita sedang merumuskan pengelolaan alutsista lebih tertib dan efisien," ucapnya.



Mantan Danjen Kopassus ini menegaskan bahwa alutsista mikik Indonesia perlu diremajakan dengan segers. Pasalnya, saat ini kebutuhan alutsista ini mendesak.

"Saya yakin, dalam waktu dekat perlengkapan alutsista bisa kita modernisasi untuk tiga matra. Udara, laut, dan darat," pungkasnya.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3729 seconds (0.1#10.140)