Erick Thohir: Kebudayaan adalah Detak Jantung Sebuah Bangsa

Minggu, 18 September 2022 - 00:00 WIB
loading...
Erick Thohir: Kebudayaan adalah Detak Jantung Sebuah Bangsa
Menteri BUMN Erick Thohir saat menghadiri acara Hayu Urang Ngamumule Budaya Karuhun di Desa Cikampek Pusaka, Kecamatan Cikampek, Karawang, Jawa Barat, Sabtu (17/9/2022).Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan kebudayaan adalah detak jantung sebuah bangsa. Hal tersebut dikatakan Erick saat menghadiri acara Hayu Urang Ngamumule Budaya Karuhun di Desa Cikampek Pusaka, Kecamatan Cikampek, Karawang, Jawa Barat, Sabtu (17/9/2022).

"Hari ini acara yang luar biasa, bagaimana terus bisa mempersatukan bangsa ini tanpa melihat perbedaannya," ungkap Erick Thohir dalam acara yang digelar oleh organisasi masyarakat Posko Perjuangan Rakyat (Pospera) itu.

Erick berpesan agar acara-acara kebudayaan bisa terus dilaksanakan dan berlangsung lebih meriah lagi.
"Kebudayaan adalah detak jantung sebuah bangsa, terutama bangsa Indonesia. Jadi sudah keharusan kita semua terus melestarikan dan menghidupkan kebudayaan Indonesia untuk selama-selamanya. Harus kita jaga," ujarnya.

Ketua Umum Pospera, Mustar Bona Ventura Manurung menjelaskan tujuan acara budaya tersebut agar generasi muda mengetahui nilai-nilai budaya bangsanya yang sangat kaya raya. "Kegiatan budaya yang kami gelar menjadi ajang silaturahmi untuk para budayawan, seniman seluruh Jawa Barat," jelasnya.

Acara tersebut dihadiri Keraton Kasepuhan Cirebon, dari Keraton Sumedang Larang. Hadir juga Anggota DPR RI Adian Napitupulu, Ketua Umum Pospera Mustar Bona Ventura Manurung dan Bupati Karawang.

Ratusan masyarakat menghadiri acara tersebut, dengan pameran kebudayaan Karawang terkait tradisi panen padi. Golok raksasa Gobang Siliwangi, dengan panjang 7 meter, dan berat 700 kilogram turut dipamerkan.

Acara kebudayaan tersebut akan berlanjut hingga Minggu (18/9/2022). Kebudayaan terdiri dari tarian, hingga pentas musik digelar dengan khas Karawang.

(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1569 seconds (0.1#10.140)