Pertama dalam 14 Tahun, Panglima TNI Dikunjungi Kepala Staf Gabungan Militer Amerika

Sabtu, 17 September 2022 - 20:52 WIB
loading...
Pertama dalam 14 Tahun, Panglima TNI Dikunjungi Kepala Staf Gabungan Militer Amerika
Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menerima kunjungan kehormatan dari Kepala Staf Gabungan Militer Amerika Serikat Jenderal Mark A. Milley di Mabes TNI Cilangkap. Foto/tangkapan layar
A A A
JAKARTA - Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menerima kunjungan kehormatan dari Kepala Staf Gabungan Militer Amerika Serikat Jenderal Mark A. Milley di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur. Dalam kesempatan itu, Jenderal Andika menyampaikan, pertemuan itu bisa menjadi awal persahabatan antara TNI dengan militer Amerika Serikat.

"Kunjungan kehormatan ini merupakan yang pertama dalam 14 tahun terakhir. Saya berharap ini menjadi awalan yang baik untuk hubungan persahabatan TNI dan militer Amerika Serikat ke depan. Terima kasih Jenderal Mark A. Milley," kata Jenderal Andika dikutip dari kanal YouTube resminya, Sabtu (17/9/2022).

Andika Perkasa sangat menghormati kunjungan Jenderal Mark A Milley. Sebab, ini kali pertama kunjungan Kepala Staf Gabungan Militer Amerika Serikat setelah 14 tahun terakhir. Kedatangan Jenderal Mark A Milley di Mabes TNI pun disambut dengan upacara penghormatan.

Baca juga: 5 Brevet Jenderal Andika Perkasa yang Didapat dari US Army

Dalam pertemuan persahabatan tersebut, Andika mengajak Milley dan para delegasinya untuk meninjau lingkungan Markas Besar TNI. Andika juga menawarkan Jenderal Milley untuk mencicipi masakan khas cita rasa Nusantara.

Baca juga: Jenderal Andika Sebut Bersejarah, Latihan TNI AL-US Navy Libatkan Jet Siluman F-35

Momen tersebut dilanjutkan dengan makan siang bersama diiringi musik serta tarian khas budaya Indonesia. Jenderal Andika menyampaikan rasa terima kasih kepada Jenderal Milley dan jajarannya yang telah meluangkan waktu untuk mewujudkan pertemuan persahabatan ini.

"Jenderal Milley, Duta Besar Kim, Duta Besar Devid, terima kasih telah datang dan tentunya para delegasi AS. Jenderal Milley saya tidak bisa mengungkapkan berapa banyak terima kasih ke Anda, telah meluangkan waktu Anda," ungkap Andika.

"Saya tahu tidak mudah Jenderal Milley membutuhkan waktu 24 jam untuk datang dari Washington DC ke Jakarta sangat berarti bagi saya, untuk Hetty, untuk perwira saya, juga untuk pasukan pertahanan saya," sambungnya.

Selanjutnya, pertemuan persahabatan itu dilanjutkan dengan penandatanganan kerja sama. Jenderal Andika Perkasa juga mengajak jenderal bintang tiga di jajaran TNI. Ia meyakini ke depannya kerja sama antara TNI dengan militer Amerika Serikat akan kuat dan terus terjalin dengan baik.

"Saya yakin kerja sama di antara TNI - militer AS akan terus tumbuh dan semakin dekat karena itulah yang kami lakukan," kata Jenderal Andika.
(cip)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1777 seconds (11.210#12.26)