Jenderal Andika Sebut Bersejarah, Latihan TNI AL-US Navy Libatkan Jet Siluman F-35

Senin, 12 September 2022 - 08:22 WIB
loading...
Jenderal Andika Sebut Bersejarah, Latihan TNI AL-US Navy Libatkan Jet Siluman F-35
Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa mengatakan latihan bersama TNI AL dengan US Navy adalah momentum paling bersejarah. Foto: MPI/Bachtar Rojab
A A A
JAKARTA - Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa membocorkan agenda TNI AL beberapa bulan ke depan. Salah satunya adalah rencana latihan bersama dengan US Navy yang melibatkan jet tempur siluman F-35.

Andika mengatakan, nantinya TNI AL tidak hanya berencana melakukan latihan bareng US Navy saja. Namun, TNI AL pun memiliki kesempatan untuk berlatih bersama negara-negara maju, termasuk dalam latihan pasukan amfibi.

"Seperti yang tahun ini saja kita ada dua kalau tidak salah Angkatan Laut. Satu, latihan bersama CARAT, November kira-kira, itu dengan Amerika Serikat dan ini juga sangat historical, sangat bersejarah," ujar Andika di Balai Samudera, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Minggu (11/9/2022).

Baca juga: Kapal Perang Canggih KRI Pollux-935 Perkuat Alutsista TNI AL

Menurut Andika, momentum ini paling bersejarah karena melibatkan pesawat hingga kapal-kapal kebanggaan TNI AL.

"Karena apa? Untuk pertama kalinya, latihan ini mengerahkan kapal-kapal amphibious. Berarti yang lebih besar dari fregat, tapi juga pesawat tempur F-35 Stealth. Pertama kali dalam sejarah," terangnya.

Andika berpesan kepada Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono untuk memanfaatkan kesempatan tersebut untuk melibatkan junior dan senior.

"Generasi junior, generasi yang senior semuanya diikutkan supaya tidak menghilang begitu saja. Generasi pendahulu sebelum dan saat ini belum ada yang mengalami itu. Sama halnya pada saat Super Garuda Shield kemarin," paparnya.



"Kita punya kesempatan untuk melihat misalnya pesawat intai Poseidon yang mudah-mudahan suatu saat kita punya. Angkatan Laut, jadi, bukan hanya AU, AL suatu saat juga harus punya," sambung Andika.

Sebelumnya, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa didampingi Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono resmi membuka Naval Expo 2022. Acara tersebut digelar dalam rangka memperingati HUT ke-77 TNI AL yang jatuh pada tanggal 10 September 2022.
(muh)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1423 seconds (10.55#12.26)