Kapal Perang Canggih KRI Pollux-935 Perkuat Alutsista TNI AL

Kamis, 05 Agustus 2021 - 17:35 WIB
loading...
Kapal Perang Canggih KRI Pollux-935 Perkuat Alutsista TNI AL
KRI Pollux-935, kapal perang terbaru produksi dalam negeri segera memperkuat alutsista Pusat Hidro-Oseanografi TNI AL (Pushidrosal). Foto/Dispenal
A A A
JAKARTA - KRI Pollux-935, kapal perang terbaru produksi dalam negeri segera memperkuat armada tempur TNI Angkatan Laut (AL) khususnya Pusat Hidro-Oseanografi Angkatan Laut (Pushidrosal).

Kapal perang canggih karya PT. Karimun Anugerah Sejati ini telah melalui tahapan Shipnaming dan Delivery yang dihadiri Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono, di Galangan PT. Kas, Batam, Kamis (5/8/2021).

Dalam kesempatan tersebut, KSAL juga mengukuhkan Mayor Laut (P) Tomy Ronaldy, alumni Dikmapa PK TNI angkatan X tahun 2003 sebagai komandan KRI Pollux-935 yang akan bertugas di jajaran Pushidrosal.

“Kapal ini nantinya akan dioperasikan Pushidrosal sebagai unsur bantu Hidro Oseanografi (BHO) sebagai Lembaga Hidrografi Nasional dan Pusat Informasi Geopasial Kelautan Indonesia. Semoga kehadiran KRI ini dapat menambah semangat dan menajamkan kemampuan TNI AL dalam melaksanakan tugas-tugas survei dan pemetaan laut," ujarnya.

KSAL menyampaikan pembangunan kapal PC 40 M ini memiliki makna yang sangat strategis bagi industri pertahanan nasional. PT. Karimun Anugrah Sejati telah berhasil dalam pengembangan teknologi industri pertahanan yang mampu menjadi solusi dalam upaya mengurangi ketergantungan dari negara lain dalam pengadaan alutsista TNI AL di masa mendatang, khususnya kapal-kapal BHO yang selama ini pengadaan dan pembangunannya dilakukan oleh galangan kapal luar negeri.

Kapal Perang Canggih KRI Pollux-935 Perkuat Alutsista TNI AL


Menurut KSAL industri pertahanan dalam negeri, dalam hal ini galangan kapal nasional mampu menciptakan inovasi-inovasi baru dan meningkatkan kemampuannya agar dapat berkompetisi di pasar global melalui peningkatan kapasitas produksi, manajemen serta teknologi modern agar mampu bersaing dengan kompetitor dari luar negeri.

“Kita tunjukkan kepada bangsa lain, bahwa kita mampu berdiri di atas kaki sendiri sambil terus mengejar ketertinggalan yang sudah terjadi selama ini. Bangsa Indonesia harus menjadi kompetitif dan mampu bersaing ditataran Internasional, termasuk dalam Industri perkapalan,” ungkapnya.

KRI Pollux-935 merupakan jenis kapal Patroli Cepat (PC) 40 meter yang memiliki spesifikasi panjang 45,50 meter, lebar 7,90 meter, tinggi 4,25 meter dan draft 2,20 meter dengan bobot 220 ton. Kecepatan maksimum 27 knots, kecepatan jelajah 20 knots dan kecepatan ekonomis 15 knots, kapal perang ini juga dipersenjatai meriam 30 mm dan 12,7 mm serta mampu mengangkut 37 ABK.

Pemberian nama kapal ini berdasarkan nama bintang yang paling terang dan paling mudah dikenali dalam rasi bintang Gemini yang juga merupakan salah satu dari 20 bintang paling terang di langit.

Shipnaming dan Delivery KRI Pollux-935 diawali dengan penandatanganan berita serahterima Kapal dari Direktur PT.KAS Jacky Sucipto kepada Kepala Dinas Pengadaan Angkatan Laut (Kadisadal) Laksma TNI Maman Rohman, selanjutnya diserahkan kepada Aslog KSAL Laksda TNI Puguh Santoso, Kemudian dari Aslog KSAL diserahkan kepada Danpushidrosal Laksdya TNI Agung Prasetiawan, selaku satuan yang akan mengoperasikan kapal KRI Pollux-935.

Prosesi ini ditandai juga dengan pengguntingan pita dan pemecahan kendi oleh Ibu Kandung Kapal Vero Yudo Margono didampingi KSAL yang dilanjutkan dengan peninjauan kapal. Turut hadir dalam kegiatan ini Koorsahli KSAL Laksda Robert Tappangan, Asrena KSAL Laksda TNI Muhammad Ali, Danlantamal IV Laksma TNI Indarto Budiarto, Danguskamla Koarmada I Laksma TNI Haris Bima Bayu Seto, Danlanal Batam Kolonel Laut (P) Sumantri K. dan sejumlah pejabat lainnya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1620 seconds (0.1#10.140)