Terenyuh, Ketulusan Cinta Pierre Tendean dan Rukmini yang Hanya Tinggal Sejarah

Kamis, 08 September 2022 - 06:16 WIB
loading...
A A A
Dilansir dari buku "Sang Patriot Kisah Seorang Pahlawan Revolusi, Biografi Resmi Pierre Tendean", perkenalan Pierre Tendean dengan Rukmini terjadi karena adanya bujukan dan ajakan berulang kali dari Satrijo Wibowo dan Setijono Hadi. Comblangan dari rekannya itu awalnya selalu ditolak Pierre karena hanya ingin fokus olahraga dan latihan selama berada di Yonzipur I.

Namun, Setijono dan Satrijo juga tidak menyerah begitu saja. Mereka tetap berusaha mengajak Pierre untuk berkenalan dengan Rukmini hingga akhirnya Pierre gerah atas ajakan rekan-rekannya itu menurut dan mengiyakan untuk bertemu dengan Rukmini.

Perkenalan antara Pierre dan Rukmini pun terjadi dan ternyata sosok Rukmini pada akhirnya berhasil membuat Pierre rajin bertandang ke rumah keluarga Chamim di Jalan Sekop 4B, Medan. Rumah Rukmini dengan asrama Pierre di Sei Sikambing kawasan Kodam II/Bukit Barisan tidak jauh.



Pada kunjungan-kunjungan berikutnya, Pierre memberanikan diri datang sendiri tanpa dikawal oleh kedua sahabatnya itu, hanya untuk dapat mengenal lebih dalam pribadi Rukmini. Rukmini memiliki nama lengkap Rr. M. CH. A. Nurindah Rukmini Chamim.

Rukmini adalah anak sulung dari empat saudara dari pasangan Bapak dan Ibu Raden Chamim Rijo Siswopranoto. Chamim adalah seorang wiraswasta yang cukup sukses di Sumatera Utara saat itu.

Ibunda Mimin masih memiliki hubungan kekerabatan dengan istri Jenderal Sumitro, mantan Panglima ABRI dan Pangkopkamtib di era 1970-an. Rukmini juga adalah keponakan dari Bantu Hardio, seorang perwira Intel TNI AD yang menikah dengan adik ibunda Rukmini.



Sedangkan Bantu Hardio merupakan adik Arie Bandijoko, komandan kompi taruna selama tahun pertama Pierre di Atekad dan pernah juga menjabat sebagai Asintel KSAD. Rukmini atau Mimin adalah wanita berdarah Jawa asal Yogyakarta dari keluarga penganut agama Islam yang taat.

Keluarga besarnya termasuk dalam Barisan Muhammadiyah Kota Medan dan Yogyakarta. Mimin juga dikenal sebagai gadis yang saleh dan rajin beribadah. Saat berkenalan dengan Pierre, Rukmini masih duduk di bangku SMA. Umur Pierre Tendean dengan Rukmini terpaut delapan tahun.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1575 seconds (0.1#10.140)