Soal Posisi Mardiono di Wantimpres, Jokowi: Selesaikan Dulu Internal PPP

Rabu, 07 September 2022 - 15:19 WIB
loading...
Soal Posisi Mardiono di Wantimpres, Jokowi: Selesaikan Dulu Internal PPP
Presiden Jokowi meminta PPP segera menyelesaikan masalah internal sebelum membicarakan posisi Muhammad Mardiono di Wantimpres. Foto/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Muhammad Mardiono ditunjuk sebagai Plt Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) menggantikan Suharso Monoarfa. Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar permasalahan internal PPP tersebut segera diselesaikan.

"Ya itu masalah internal di PPP. Saya nggak tau itu selesai terlebih dahulu baru kita bicara mengenai masalah watimpres," kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (7/9/2022).



Jokowi mempersilakan untuk memproses jabatan Mardiono sebagai watimpres. Namun dirinya menekankan untuk menyelesaikan permasalah internal di PPP terlebih dahulu.

"Kalau di situ belum selesai, dan itu wilayah internalnya PPP. Kalau di situ sudah, sudah ada kejelasan, baru berbicara mengenai masalah wantimpres ya," kata Jokowi.

Jokowi juga memastikan bahwa hingga saat ini belum ada komunikasi dari pihak PPP terkait permasalahan Suharso tersebut."Belum. Pak Mensesneg aja belum. Apalagi ke saya," ungkapnya.



Perlu diketahui, Pasal 12 ayat (1) UU Nomor 19 Tahun 2006 tentang Wantimpres mengatur anggota Wantimpres tidak boleh merangkap jabatan pimpinan partai politik.

Di sana diatur bahwa anggota Wantimpres harus mengundurkan diri dari jabatannya paling lambat tiga bulan setelah diangkat sebagai pimpinan parpol.

Mardiono sendiri ditunjuk menggantikan Suharso Monoarfa oleh Majelis dan Mahkamah Partai lewatr Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) di Serang, Banten, Senin (5/9/2022).
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1715 seconds (0.1#10.140)