Mengenal Komunis Serta Sistem Ekonominya

Sabtu, 03 September 2022 - 16:16 WIB
loading...
Mengenal Komunis Serta Sistem Ekonominya
Komunis yang dianut oleh sebuah negara memiliki sistem ekonomi yang berbeda. Foto DOK Reuters
A A A
JAKARTA - Komunis yang dianut oleh sebuah negara memiliki sistem ekonomi yang berbeda dengan penganut demokrasi liberal dan kapitalisme.

Dilansir dari Investopedia, komunis merupakan ideologi politik dan ekonomi yang menganjurkan sistem tanpa kelas dimana alat produksi dimiliki secara komunal dan kepemilikan pribadi sangatlah dibatasi atau bahkan tidak ada.

Baca juga : Waspada Komunis Itu Positif dan Harus!

Ideologi komunis ini dikembangkan oleh Karl Marx dan Friedrich Engels pada tahun 1800.

Dalam sistem ekonomi komunis seluruh unsur perekonomian akan diatur dan disediakan oleh negara dan masyarakat akan dianggap hanya sebagai pekerja saja tanpa diperbolehkan memiliki kekayaan pribadi.

Semua aspek bisnis yang berada di masyarakat akan diatur oleh negara. Bahkan peran pasar sebagai penentu arah produksi hampir tidak terlihat.

Sistem ekonomi komunis ini memiliki aturan yang bersifat totaliter sehingga segala keputusan ekonominya dibuat langsung oleh pusat.

Tujuan dari dibangunnya sistem ekonomi ini sebenarnya untuk menghapuskan segala perbedaan antar kelas di dalam masyarakat dan mewujudkan sarana produksi yang dilakukan bersama sama.

Sistem ini dibuat Karl Marx untuk menghapuskan sistem ekonomi kapitalisme karena dianggap memperlakukan kaum proletar secara tidak adil dan membuat borjuis berkuasa dengan tidak proporsional.

Ini dibuktikan dari munculnya Manivesto Komunis yang menyajikan Revolusi Perancis dimana kaum borjuis yang mengkonsolidasi kendali atas alat produksi digulingkan oleh kaum proletar.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2591 seconds (10.101#12.26)